Kamis, 04 April 2019

Pengurusan SIUP (Part 2)

Lanjut ya teman, bagaimana pengurusan SIUP


Teman, buat NPWP baru tidak bisa di wakilkan

So, Besoknya jam 8:10 zia ke kantor pajak dengan adik zia.

Alhamdulillah dapat antrian pertama, namun apa daya ternyata meja pendaftaran khusus buat NPWP usahawan belum di buka. HAH! 
Padahal di meja pendaftaran lainnya sudah buka . 

Ditunggu 10 menit, kok belum buka juga ini meja, dan Zia sedikit  kurang suka yang beginian, waktu itu penting bro, dan  mau tak mau di share lah ke media sosial, terus whatsaap teman zia yang kerja di pajak pratama. 

Sip, kita mah tidak boleh nepotisme tapi kalau pelayanan nya kurang , kita bolehkhan protes. Akhirnya jam 8:25 loketnya pun dibuka, sekitar jam 10:00 , adik zia dapat NPWP. 

Saran Zia, datang pagi-pagi bawa snack dari rumah, soal air minum, tenang, walaupun tak selengkap BCA, d kantor pajak Pratama, air gelas mineralnya free. Ada juga ruang menyusui dan kids corner 

Syarat NPWP usaha yang baru
- FC KTP
- FC surat izin usaha dari kelurahan
- isi formulir dan bawa materai

Bisa juga buat NPWP secara online, simple, tinggal scan semua persyaratan, namun kartu NPWP nya agak lama sampai ke rumah. Kalau mau langsung jadi, ya ke kantornya 


Sudah punya NPWP, saatnya buat SIUP ke DPMPTSP  ( DINAS PENANAMAN MODAL DAN  PELAYANAN TERPADU SATU PINTU)  kota Bengkulu. Zia suka menyebutkan satu pintu

Sebelum itu, Zia cek dan ricek dulu di eyang google
Bagaimana membuat surat izin SIUP di Bengkulu. 

www. Perizinan.bengkulukota.go.id 

Ternyata banyak jenis SIUP dan Zia memilih SIUP perorangan. Semua formulir pendaftaran di print dan di tanda tangani beserta materai 6000 

Persyaratan lengkap, saatnya ke DPMPTSP
Oh ya karena DPMPTSP kota Bengkulu jauh dari kota, cek lagi syarat dan persyaratannya, biar ga bolak balik. Kalau pakai grab dari rumah Zia di tengah kota ke sana sekitar hampir 100rb (PP) jauh Khan. 

Saat Zia sampai di sana, ternyata pembuatan SIUP sekarang harus online. What? Kalau tahu seperti itu, dari rumah aja bisa kok buat SIUP. 
Sayang tidak ada di share di website nya. ( Sepertinya web nya masih memberikan informasi lama) . Tanggung rasanya, ya buat saja lah di sana. 

Di DPMPTSP kota Bengkulu di sediakan 3 komputer untuk buat surat izin online. jadi lumayan ngantri.
Ada operator yang akan membantu kita untuk mengisi nya, kalau tidak bisa lama ngantrinya. 
Alhamdulillah bisa langsung jadi satu hari dan bisa di print sebanyak mungkin. Selain SIUP, kita juga langsung dapat TDP . Keren ya.

Dari sekian kantor yang Zia datangi untuk mengurus SIUP, baru kantor DPMPTSP yang benar-benar staf nya ramah, baik, dan emang senang menolong kita. Terima kasih ibu dan bapak DPMPTSP kota Bengkulu.

Semoga ke depan ada workshop buat SIUP untuk perorangan. 

Buat SIUP bisa online ya teman-teman 
Silakan

www.oss.go.id 





0 komentar:

Posting Komentar