Your Gateway To The World

RUMBENGKS

Sabtu, 10 Oktober 2020

SEKILAS INFO KABUPATEN TANAH DATAR

Assalamualaikum wr wb....




Saya berharap, Bupati Tanah datar yang terpilih nantinya bisa membangun Tanah Datar menjadi maju, kreatif, innovasi namun masih tetap ada budaya Minangkabau dalam setiap kehidupan di Tanah Datar dan orang perantauan Tanah Datar. 








Apakabar sahabat...sehat dan bahagia selalu ya.


Sekilas informasi tentang kampung saya, kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat yang akan menjadi Destinasi wisata Internasional abad 20. (aamiin).


1. Kabupaten Tanah datar, dengan ibukota kabupaten Batusangkar, adalah salah satu kabupaten dari 12 kabupaten di provinsi Sumatera Barat. 

Kabupaten Tanah Datar itu ada di provinsi Sumatera Barat. Jadi Sumatera Barat itu ga hanya Padang saja, dan orang minang pun ga hanya di padang saja, Kami orang Tanah Datar pun juga orang Minang.



2. Kabupaten Tanah Datar adalah AUTHENTIC MINANGKABAU

Kabupaten Tanah Datar, disebut juga Luhak Nan Tigo, asal muasal suku Minangkabau dibukti banyaknya prasasti peninggalan kerajaan pagaruyung, dan masih berdirinya Istana Basa Pagaruyung. 
dan info lebih lanjut bisa lihat disini


Cantiknya Nagari Tuo Pariangan sebagai salah satu desa terindah di dunia juga membuktikan bahwa Tanah Datar sebagai Authentic Minangkabau.

Selain itu, di daerah Kabupaten ini juga awal mula terciptanya filosofi orang minang "Adat Besandi Syarak, Besandi Kitabullah" wajar kalau Kabupaten Tanah Datar adalah Authentic Minangkabau, asal muasal orang Minangkabau



3. Kabupaten Tanah Datar terdiri dari :

14 Kecamatan
75 Nagari 
395 Jorong 

yang setiap kecamatan punya andalan wisata tersendiri.



4. Kabupaten Tanah Datar adalah daerah Agraris, memiliki 25 sungai yang beberapa sungai menjadi hulu dari sungai kerinci, musi dan beberapa sungai lainnya. 

Kab. Tanah Datar juga dilingkupi bukit barisan, gunung singgalang dan Gunung Marapi. 



5. Destinasi Wisata yang lengkap dari wisata travelling, sampai ke wisata religi pun ada tersedia di Kabupaten Tanah Datar. lengkap dan membuat kita bahagia.



6. Mudah nya jalur menuju Kabupaten Tanah Datar, terutama ke Batusangkar. 

kalau dari luar daerah SumBar, sahabat rumbengk bisa naik pesawat terbang  ke Bandara Internasional Minangkabau, lalu lanjut ke Batusangkar sekitar 2 jam. 


Kalau dari Padang ke Batusangkar, singgahlah di Lembah Anai, salah satu air terjun yang tak pernah surut walaupun musim kemarau sambil makan perkedel jagung Lembah Anai.

Kalau lewat Bukittinggi, singgah minum kopi kawa di Tabek Patah, dan sholat di mesjid raya Rao-Rao yang arsitekturnya di dominasi 3 unsur budaya (Minangkabau, Eropa dan Turki)

Lewat Singkarak, singgah di danau Singkarak sambil makan ikan bilih khas danau Singkarak yang tiada duanya enaknya ...lamak bana.



7. Batusangkar, dekat dengan kota Bukittinggi (sekitar 45 menit perjalanan mobil kalau ga macet) adalah alternatif terbaik untuk menikmati weekend ditambah sudah ada Hotel bintang 4 untuk staycation daripada bermacet ria ke Bukittinggi saat liburan.




Itulah sekilas informasi tentang Kabupaten Tanah Datar, saat tulisan ini di buat Tanah Datar lagi menghelat pemilihan bupati Tanah Datar.



Saya berharap, Bupati Tanah datar yang terpilih nantinya bisa membangun Tanah Datar menjadi maju, kreatif, innovasi namun masih tetap ada budaya Minangkabau dalam setiap kehidupan di Tanah Datar dan orang perantauan Tanah Datar. 



Dimanapun kami berada, kami tetap orang minang juo



tetap sehat dan bahagia 

salam 
Dewi Sudirman



 


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Posts

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Comments

3-comments

SUBSCRIBE-Subscribe for Free!

SEKILAS INFO KABUPATEN TANAH DATAR

Cari Blog Ini

SEARCH

Pages

Popular

Portfolio