Asus VivoBook 14 A416 , My Resolution in 2021

rumbengks --- ASUS adalah salah satu brand yang terkenal dan terdepan dalam innovasi untuk menghasilkan produk yang berkualitas tinggi di dunia komputer. Buat Saya, ASUS bukan hanya sekedar brand, tapi lebih seperti spirit dan motivasi saya untuk tetap menulis di blog. Entah kenapa, setiap  ikut lomba blog yang hadiahnya ASUS, walaupun ga pernah menang, saya jadi aktif dan semangat menulis di blog saya.  ASUS is one of my bestfriends in writing. 











Assalamualaikum wr wb


Happy New Year teman-teman, semoga di tahun 2021 kita tetap sehat, bahagia dan selalu diberi keberkahan oleh Allah SWT. Aamiin.



Teman-teman, sudahkah menulis resolusi tahun 2021? saya lagi dalam proses menulisnya, dan mumpung masih dalam suasana tahun baru, yuk kita buat resolusi tahun 2021 bersama-sama. Sebelum buat resolusi 2021, mari kita flashback sebentar di tahun 2020.  Tahun 2020, buat saya adalah tahun penuh kesabaran dan perjuangan untuk tetap bisa waras dalam kehidupan, bisa dibilang itu adalah tahun insecure saya  dan harus benar-benar berjuang untuk mengatasi insecure itu. Dan semua orang pun mengakui kalau tahun 2020, everything is changed. 



Tahun 2020, adalah tahun insecure dalam hidup saya sepanjang usia saya, bagaimana banyak masalah yang datang bertubi-tubi, terutama keuangan ekonomi  yang meroket terjun turun bebas sampai "diusir" dari kontrakkan, dan bagaimana serunya saya membongkar-bongkar semua tas untuk mencari duit RP.1.000 agar bisa genap duitnya RP5.000 sehingga bisa beli telur 3 buah untuk berbuka puasa.  Amazing.



Parahnya, yang paling saya coba hindari, dan karena kondisi ekonomi yang akhirnya terpaksa juga meminjam duit ke beberapa sahabat saya, ada yang langsung menolong, ada juga yang menolak (sedihnya untuk beli yang lain, mereka bisa) padahal itu untuk beli pulsa listrik di rumah, dan bagaimana malunya saya  terpaksa minjam lagi ke sahabat saya yang tadi sudah membantu, padahal utang yang kemarin aja belum lunas ke beliau. Puncaknya kamu ditinggal beberapa sahabat  gara-gara suka minjam duit. Itu membuat saya insecure dan malu untuk kumpul-kumpul lagi, ditambah dengan pandemi Covid-19, klop sudah, lebih baik di rumah aja. Dan bisa jadi masalah teman-teman lebih dari saya. 



Dibalik semua kesusahan yang saya dapat, selalu ada kemudahan dan hikmah yang di dapat. Dibalik musibah selalu ada hikmah, buktinya dengan Covid-19, kita lebih banyak beraktifitas di rumah, berkumpul dengan keluarga, care satu sama lain, bisa lebih care lagi dengan kebersihan, lebih care dengan kesehatan, dan membuat kita semakin bertumbuh menjadi lebih baik lagi untuk menyambut abad 21. Dan jadi tahu mana yang benar-benar sahabat, mana yang tidak. 



Tahun 2020, jadikan tahun pembelajaran buat diri sendiri gara bisa lebih fighting lagi dan semangat bekarya di tahun 2021. Cieee..saya kayak motivator aja, intinya lagi menyemangati diri sendiri,  termasuk dalam urusan menulis. Di awal Tahun 2021, Ayo kita buat Resolusi 2021 untuk  lebih fighting dan semangat menghadapi apa yang akan terjadi di tahun 2021. 



Menurut KBBI, resolusi merupakan suatu putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah atau sidang); pernyatan tertulis, biasanya berupa tuntutan tentang suatu hal.



Resolusi mengalami perluasan makna, dan sering di sebut saat pergantian tahun. Resolusi bisa diartikan harapan sesungguhnya dari pribadi seseorang baik tertulis ataupun tidak tertulis.  Beda lagi kalau dalam dunia digital, resolusi adalah ukuran photo hahaha. Satu kata dengan beberapa makna. Karena ini masih suasana tahun baru, jadi Resolusi yang kita bahas adalah impian, harapan, cita-cita yang ingin kita lakukan di tahun 2021.  Dan kata guru digital saya, resolusi tahun baru (goal) itu harus tertulis dan di evaluasi.  Ada 5 Goal yang harus kita setting di tahun 2021 ini :



1.  Goal Personal , goal yang berhubungan dengan diri sendiri, contohnya mandi jam 4 subuh, hidup sehat dan care dengan kebersihan, menurunkan berat badan biar bisa lebih sehat, dsb, intinya buat diri sendiri. 

2. Goal Achievement, goal yang berhubungan dengan kemajuan bisnis dan karier kita. 

3. Goal Adventure, goal yang berhubungan dengan hal-hal yang baru dan bermanfaat, yang sama sekali belum pernah kita lakukan, sesuatu yang baru, yang sifatnya menantang sehingga kita tahu potensi diri.

4. Goal Contribution, goal yang berhubungan dengan sosial, kontribusi positif kita terhadap lingkungan sekitar dan orang banyak. 

5. Goal spritual, ini adalah goal yang paling penting buat diri kita. Goal yang berhubungan dengan hati kita sehingga bisa struggle untuk melakukan semua goal resolusi 2021`

Setelah evaluasi diri mu saat ini, setting lah 5 goal diatas, dan Tulislah di buku secara detail, dan lengkapi dengan photo. 


Contoh, salah satu resolusi 2021 (goal personal ) saya adalah: 


"Saya ingin punya Laptop baru merek ASUS Vivobook 14 A416 warna silver kapasitas 8GB pada tanggal 14 Februari 2021"



doakan semoga tercapai. aamiin




 Saya punya laptop yang usianya hampir 15 tahun, laptop yang suka saya pakai untuk pekerjaan sehari-hari sebagai blogger dan jualan online di media sosial, termasuk untuk mendesain produk saya. Kadang, tampa sengaja saya memasukan program baru, tujuan agar bisa desain dengan cepat dan laptop saya pun "ngambek" alias ngehang, programnya ga cocok ma hardisknya. Ketika saya ada ide untuk membuat tulisan, dan butuh cepat di proses, eh laptop saya ngehang, alhasil ide tadi hilang dan akhirnya jadi malas menulis karena blank. 

#tulisan ini aja diproses  dua minggu lamanya, biar laptop saya ga sering ngehang, dan bawaannya ingin banting aja laptop cantik saya ini. emang hanya bisa buat nonton drakor saja. 



Pada tahun belakangan, sekitar 2019 -2020 untuk  membeli laptop baru itu masih harus berpikir lama, ok laptopnya, mari  cek saldo di bank dulu, dan mikir lagi, akhirnya ga jadi beli, apalagi di tahun 2020, impian punya laptop baru harus di tahan dulu.  Akhirnya balik lagi ke laptop lama walaupun performanya lambat, ya tetap harus di maksimalkan. #harus sabar-sabar agar tidak membanting ini laptop saya yang lama 



Namun belakangan ini, laptop saya benar-benar harus minta ganti baru, loadingnya lama, saving datanya juga lama, apalagi upload photo...lamaaaaaaaaa, kinerja pun tak maksimal, bawaanya harus banyak bersabar, oleh karena itu, awal tahun 2021, resolusi saya adalah ingin punya laptop ASUS  tipe Vivobook yang emang efisien dan produktivitas untuk tipikal saya, blogger pemula dan jualan online. Pokoknya ASUS.



Teman-teman, suggest saya,  jika ingin beli laptop, beli lah yang bisa mendukung performa kinerja kalian, cepat, portability, dan bisa desain termasuk bisa menghibur kalian kalau lagi stag dengan pekerjaan. Saya pilih ASUS, karena spirit Dari sekian tahun melihat laptop, membaca review para blogger technologi, saya memutuskan pilih ASUS, selain fitur-fitur laptop ASUS yang exclusive dan premiun , ASUS juga membuat saya  semangat dalam menulis blog. Alasan yang receh sih, aneh namun nyata. Setiap saya malas dan bingung mau menulis apa, pasti lewat lomba blog ASUS di feed IG saya, dan entah kenapa, saya selalu semangat ikut, walaupun  belum pernah menang, dan sesudah itu, saya jadi semangat menulis. That's why I choose ASUS (ini aja sudah banyak cerita yang mau saya tulis di blog saya ini)



Saya belajar banyak dari ASUS yang selalu terdepan, berinovasi dan benar-benar memberikan yang terbaik untuk penggunanya. Saya berharap tulisan saya ke depan nantinya bisa bermanfaat positif buat pembaca dan diri saya sendiri, dan  semakin semangat upgrade skill menulis saya. Belajar dari ASUS yang selalu berinovasi dan memeberikan yang terbaik.. 



ASUS is one of my best friends in writing, it gives more inspiration for me. 



Teman-teman sudah tahu dong, ASUS menyediakan laptop  untuk semua kalangan, dari untuk siswa sampai gamers professional, termasuk pekerja yang professional. Bisa juga buat mak-mak yang jualan online dan anak-anaknya yang sekolah online.  



Laptop ASUS  sangat professional dan elegan. ASUS punya banyak varian laptop yang semuanya premium dan ekslusive, salah satunya adalah VivoBook 14 A416, laptop yang ringan dan produktivitas.



 ASUS VivoBook 14 A416 Easy Portability, Effortless Productivity.  



teman-teman, saya kalau beli barang elektronik, selalu lihat performanya dan penggunaanya buat saya untuk menunjang kinerja saya sebagai blogger dan jualan online. Why ASUS VivoBook 14 A416? 




1. Laptop ASUS VIvoBook 14 A416 adalah laptop yang sudah menggunakan  prosesor Intel® Core ™ i5 generasi ke-10th untuk menunjang produktivitas sehari-hari secara cepat dan efissien. laptop ini mainstream banget buat menunjang kinerja saya sebagai blogger pemula dan penjual online. Peforma yang cepat, upgrade yang cepat, kinerja yang powerful sehingga membuat kita benar-benar kreatif dan produktivitas tinggi.  Bayangkan, seandainya laptop mu seperti laptop yang sekarang, yang untuk sekedar ngeblog aja lama banget loadingnya, performa laptop saya sekarang itu benar-benar menguji kesabaran, dan ini juga tantangan tersendiri agar bisa tetap produktivitas namun kurang maksimal. Laptop ini bisa untuk siapa saja, karena performanya cerdas. ASUS Laptop Mainstream.



Kenapa Harus punya ASUS VivoBook 14 A416




2. ASUS VivoBook 14 A416  didesain memiliki ruang penyimpanan yang besar dan loading yang cepat. Selain itu, ASUS VivoBook 14 A416 juga sudah menggunakan teknologi layar NanoEdge sehingga area layar yang luas dan memberikan pengalaman yang imersif dalam bekerja dan menikmati konten multimedia. Layarnya juga sudah di resolusi hingga full HD, dan sudah di lapisi anti silau (anti-glare) untuk mengurangi gangguan yang tidak diinginkan dari pantulan dan silau yang mengganggu sehingga kita bisa fokus dengan apa yang ada di didepan. Saya ga mesti harus ngatur-ngatur tempat atau takut dengan pantulan buat ngetik atau menonton film karena di Laptop ASUS sudah ada anti-glare nya



3. Saya suka keyboard ASUS VivoBook 14 A416 yang memakai keyboard Full-Size yang di desain secara ergonomis dan lebih kokoh. Setiap tombol keyboardnya memiliki key-travel sejauh 1,4 mm yang sangat ideal buat mengetik. Keyboard ASUS VivoBook 14 A416 juga telah dilengkapi backlit sehingga laptop ini bisa digunakan di dalam kondisi gelap. Saya adalah tipikal orang yang paling suka berkreatifitas saat menjelang subuh dan dalam suasana yang sunyi dan sejuk, sayangnya laptop yang dipakai sekarang ga ada backlitnya, jadi mau tak mau kalau ngetik harus hidupkan lampu dan membuat kamar saya lumayan panas, karena emang kota bengkulu cuacanya panas. 

#apalagi saat ini lampu di kamar mati, dan laptop saya ga ada backlit, ga bs ngetik malam-malam








4. ASUS VivoBook 14 A416 juga dilengkapi keamanan biometrik melalui fingerprint sensor yang biasanya hanya ada di laptop premium dengan harga bombatis. Dengan sensor sidik jari (fingerprint) di touchpad dan Window hello, kamu ga perlu mengetik sandi, atau pusing mengingat sandi kalau lupa,  just only one touch for your finger, langsung log in dah. Ini berguna sekali buat keamanan laptop kita dari tangan-tangan jahil, dan orang lain.






5. Numberpad yang membuat mudah di gunakan tampa harus membuka aplikasinya. Cukup ketik ikon panel sentuh untuk mengubah panel sentuh menjadi panel angka yang sudah di terangi LED. 






6. Saya kalau bicara ASUS, bawaanya semakin ngebet pingin punya laptop ASUS. ASUS VivoBook 14 A416 itu paling ringkes, memiliki konsep mobilitas tinggi. Bobotnya hanya sekitar 1,6 kg, ketebalannya 19,9 mm yang membuat ASUS VivoBook 14 A416 ini mudah di bawa ke mana-mana. Ringan, dan sebagai blogger, saya bisa menulis di mana saja dan kapan saja, sebagai penjual online, bisa update jualan secara online dan cepat memenuhi permintaan konsumen. Batrainya tahan lama, jadi ga mesti rebutan charger listrik lagi.  




Selain itu, ASUS VivoBook 14 A416 juga dilengkapi dengan perlindungan extra untuk HDD yang bernama E-A-R HDD Protection, yang melindungi data kamu dari benturan, dapat menyerap getaran yang di hasilkan saat perangkat terguncang. Reinforced Chassis (penahan logam) di bawah keyboard memberikan platform yang jauh lebih stabil saat mengetik dan touchapad. Reinforced Lid yang diperkuat dan berfungsi seperti pelindung dari benturan, serta memberikan dukungan struktural untuk cover, layar dan engsel. 

Maka Jangan salah Kalau ASUS VivoBook 14 A416 Easy Portability, Effortless Productivity.  



7. ASUS VivoBook 14 A416 juga sudah dilengkapi dengan  MyASUS yang salah satu fiturnya membuat pengguna VivoBook dapat menghubungkan smartphone nya dengan laptop agar bisa beraktifitas secara lebih produktifitas lagi. Ga perlu ribet lagi dengan kabel yang super banyak. 



8. Wifi ? bluetooth? konektivitas? ASUS juaranya. Di laptop VivoBook 14 A416 dirancang sebagai laptop yang modern, menegepankan mobilitas dan bisa digunakan semua kalangan. Varian ini, dibekali dengan serangkaian fitur konektivitas dari Port USB type C sampai combo audio Jack untuk memenuhi kebutuhan aktivitas sehari-hari penggunanya. Saya sudah membayangkan, ga mesti lagi restart laptop saya agar bisa terkonek langsung dengan wifi. Laptop saya sekarang, harus restart dulu agar bisa konektivitas, dan sempat agak error kalau di koneksikan dengan proyektor. 



9. ASUS VivoBook 14 A416 sudah memiliki chasis yang tahan banting, konstruksi yang tangguh untuk memperkuat keseluruhan kontruksi bodinya. Ini yang membuat laptop aman di bawa selama perjalanan, dan aman dari gangguan tangan-tangan kecil. Saya punya banyak keponakan kecil, kadang kalau lagi asyik menulis, suka diajak main, eh pas lagi main sama kakaknya, eh adiknya dengan manis duduk di atas laptop saya, mana ga histeris tantenya. 



10. Ini yang paling urgent buat saya, dari banyak varian ASUS yang pernah saya review, ASUS VivoBook 14 A416 sudah langsung menyediakan Microsoft office, (Pre-installed Microsof Office) , ga perlu lagi pakai yang bajakan, dan ga mesti beli lagi. Buat saya yang jualan online, harus desain gambar untuk media sosial, harus buat proposal event saya butuh banget Microsoft Office, walaupn di Internet sudah ada yang online nya. 



ASUS VivoBook 14 A416 UNTUK SEMUA KALANGAN



Spesifikasi Review Asus Vivobook 14 A416


Main Spec.

VivoBook 14 (A416)

CPU

Intel® Core™ i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz)

Intel® Core™ i3-1005G1 Processor 1.2 GHz (4M Cache, up to 3.4 GHz)

Intel® Celeron N4020 Processor 1.1GHz (4M Cache, up to 2.8GHz)

Operating System

Windows 10

Memory

4GB DDR4 RAM

Storage

1TB 5400 rpm SATA HDD

256GB PCIe® Gen3 x2 SSD

512GB PCIe® Gen3 x2 SSD

1TB HDD + 256GB SSD

Display

14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) IPS Anti-Glare

14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) Anti-Glare

14.0" (16:9) LED backlit HD (1366x768) Anti-Glare

Graphics

NVIDIA GeForce MX350 (optional)

Intel UHD Graphics 

Input/Output

1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C, 2x USB 2.0 Type-A, Micro SD card reader

Camera

VGA Web Camera

Connectivity

Wi-Fi 5 (802.11ac), Bluetooth 4.1

Audio

SonicMaster, Audio by ICEpower®, Built-in speaker, Built-in microphone

Battery

37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion

Dimension 

32.54 x 21.60 x 1.99 ~ 1.99 cm

Weight

1,6 Kg

Colors

Transparent Silver, Slate Grey

Itulah beberapa alasan kenapa saya ingin VivoBook 14 A416 ada dalam satu resolusi 2021 saya. 



Tahun 2021 adalah tahun perjuangan dan kebangkitan bersama dalam menghadapi pandemi covid 19. Duduk dalam ketepurukkan,menangis apa yang terjadi, takut dengan kondisi yang tak mungkin, CUKUP kita lakukan di tahun 2020. Tahun 2021, kita butuh kreativitas, kesabaran, semangat dan kinerja yang gesit untuk bisa bangkit lagi dan berjuang lagi.


Tulislah resolusi 2021 teman-teman;

1. Tulislah impian dan harapan teman-teman di satu buah buku (tulis tangan biar terasa aura positifnya ke dalam diri dan jadi afirmasi)

2. Tulis secara rinci dan detail, sepesifik mungkin , contoh : 

"Saya ingin punya Laptop baru merek ASUS Vivobook 14 A416 warna silver kapasitas 8GB pada tanggal 14 Februari 2021 hadiah dari lomba blog ASUS 2021"

(hahaha ini sengaja saya tambahkan di bawahnya, hadiah lomba blog ASUS 2021, percayalah, ketika saya menulisnya, di dalam diri saya ada dua rasa bertentangan, rasa bahagia dan rasa malu. Bahagia serasa membayangkan dapat, malu kalau ternyata ga dapat. Namun, saya bilang ke diri sendiri, ya sudahlah, yang penting saya sudah menulis dan afirmasi nya, urusan dapat atau ga dapat, itu urusan ALLAH SWT. yang penting berdoa, berdoa, berdoa, berusaha dan berdoa lagi)

3. Lengkapi dengan gambar dari sesuatu yang menjadi resolusi 2021, kayak saya pasang photo ASUS VivoBook 14 A416

4. Buatlah resolusi 2021 menjadi sebuah doa yang kita panjatkan kepada ALLAH SWT ( karena saya muslim, jadi saya meminta kepada ALLAH SWT, intinya jadikan resolusi 2021 mu sebagai doa ke[ada Tuhan Yang Maha Esa).

5. Ungkapkan dalam kalimat positif dan rasakan aura positif nya ke jiwa

6. Selamat menulis resolusi 2021 ya teman, nanti di share saja, biar banyak yang 'aamin'kan

So,  buatlah hidup teman-teman menjadi lebih berarti lagi dan lebih produktif lagi, seperti ASUS VivoBook 14 A416 yang efisien, kinerja yang gesit, dan peforma yang tinggi untuk mendukung produktivitas. 



Pandemi bukan lagi suatu halangan, namun tantangan  dan pesan cinta dari ALLAH SWT agar kita bisa lebih dekat pada Nya, lebih menjadi yang terbaik dalam kehidupan. 


Stay healthy and stay Happy


Selalu pakai masker, rajin cuci tangan dan hindari keramaian ya


January 2021 







Daftar pustaka:

-     https://www.asus.com/id/Laptops/ASUS-Laptop-14-X415JP/

-   https://www.laptophia.com/2020/12/review-asus-vivobook-14-a416-laptop.html

https://www.didno76.com/2020/12/asus-vivobook-14-a416-blog-competition.html



NB: semoga Allah SWT selalu memberikan terbaik buat kita, dan kesabaran bagi saudara-saudara setanah Air yang lagi ditimpa musibah. Indonesia ku tetaplah Kuat dan bangkit lagi menjadi yang terbaik 

 





 

0 Comments:

Posting Komentar