Saya dan Blogger

- the rumbengks - Ngeblog buat saya bukan hanya sekedar hobi, trus mendapatkan cuan, healing diri, namun lebih dari itu, bukti kongret salah satu bentuk kontribusi positif saya pada dunia dan akhirat saya.

Misi hidup saya adalah memberikan yang terbaik dan ikut adil dalam memberikan kontribusi positif untuk kemajuan peradaban dunia. 
 




Assalammualaikum  wr wb



Hai teman- teman rumbengks apa kabar?



Semoga selalu diberikan kebaikan, keberkahan dan kesehatan yang prima oleh Allah SWT. 



Tetap Prokes, sehat dan bahagia ya teman. 



Beberapa sahabat saya bertanya, kenapa sih saya sekarang fokus ke Blogger? Apa sih istimewa jadi Blogger? Emang Blogger bisa dijadikan bisnis? Dapat cuan kah? Atau bagaimana? 



Banyak pertanyaan yang kadang masih beranggapan, Blogger itu hanya sekedar hobi saja. Hai..teman, sini saya kasih tahu ya, sekitar 3 tahun yang lalu saya pun masih beranggapan kalau Blogger itu hanya sekedar hobi yang kalau punya waktu kosong baru dikerjakan. (Maafkan saya yang dulu) dan ternyata ngeblog adalah salah satu yang menyelamatkan hidup saya saat pandemi melanda. 



Terima kasih Ya Allah, Wahai Pemilik semua Ilmu, terima kasih atas ilmu -Mu yang luar biasa. Saya bersyukur dipertemukan dengan Blogger, sehingga saya bisa memberikan yang terbaik sebagai khalifah di muka bumi, dan hamba Allah SWT. Terima kasih.



Baiklah, saya akan jawab pertanyaan sahabat saya kenapa saya lebih fokus dengan ngebolg, dan mengaku diri sebagai Blogger yang bahagia, penuh cinta dan pembelajaran. Saya benar-benar serius dengan blog, ada atau tidak ada cuan, buat saya ngeblog lebih dari itu. 




Sekilas info tentang  apa itu Blogger, Blog, atau Ngeblog... versi saya dan beberapa sumber bacaan. 



Menurut Wikipedia, Blogger adalah Blog (dari kata web log) adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman website. 



Menurut beberapa sumber, Blog adalah website atau jurnal,  dari, catatan harian,  artikel atau tulisan online yang memuat beragam informasi tentang sesuatu yang selalu diperbarui setiap saat oleh Blogger baik secara personal atau carporate. 



Blogger adalah sebutan bagi orang yang menulis, memiliki dan mengatur blog di website atau platform blog baik itu untuk tujuan pribadi atau bisnis. 



Ngeblog (bahasa keren) adalah orang yang membuat  blog (artikel) secara online baik di webiste pribadi atau perusahaan. 



Intinya ngeblog itu, teman-teman membuat blog (tulisan artikel, jurnal , cerita, diari,  review, promosi, atau berita ) di platform yang telah tersedia secara online. 



Ada banyak platform ngeblog yang gratis, namun saya recomended pakai blogspot (milik google) atau WordPress. 

Kalau teman-teman ingin memakai domain dengan nama sendiri dan diakhiri .com (banyak keuntungan saat kita punya website sendiri) recomended memakai Dewaweb sebagai hosting.  Rumbengks juga membeli domain di Dewaweb





Saya dan Blog 




Saya mulai kenal dunia blog tahun 2016, waktu itu ikut acara komunitas TDA bagaimana menjual produk lewat website, dan saat itu juga saya berkenalan dengan dewaweb. Awalnya webiste saya masih fokus untuk jualan, dan pelan-pelan redup karena tidak ada yang beli, dan akhirnya di jadikan tempat curhat. Karena saya membeli.com, menyewa pertahun, akhirnya habis masa sewa website saya tidak dilanjutkan. Terlantar, dan kembali ke nama website saya diikuti blogspot.com




Tahun 2018, dapat giveaway dari teman saya berupa voucher pembelian domain di Dewaweb, dan ga mau lama-lama ya saya buat blog baru di blogspot dan wuss jadilah blog saya punya domain sendiri dengan nama www.rumbengks.com. karena di tahun 2018 saya sibuk dengan Event Organizer pengadaan seminar dan training entrepreneurship, jadilah blog hanya sekedar hobi untuk mengisi waktu luang, dan ya tempat nya pun sekedarnya saja.




Mulai gabung dengan komunitas Blogger di kota saya, namun karena emang sekedar hobi ya mood-mood an dah menulisnya, dan akhirnya keluar dari komunitas Blogger. 




Buat saya (dulu) ngeblog itu hanya sekedar ngikut trend dan hobi yang tidak akan menghasilkan cuan, TERNYATA....




1. Ngeblog bisa Membantu Proses Healing Diri


Saat awal-awal pandemi, saya benar-benar down dan putus asa, hingga saya tidak nyaman, hati kecil saya bilang :

" Ga bisa begini terus, hanya diam diri, nanti kamu jadi gila beneran...hey dewi , you must do something for yourself" 



ALLAH itu maha hebat ya, ketika kita ingin berubah menjadi lebih baik, ada saja jalannya. Saat itu, saya tampa sengaja baca quote cantik di Instagram story teman, kalau mau healing diri, lakukan hobi mu yang paling menyenangkan. Hm, ok, hobi saya yang paling memungkinkan kan saat itu (masa kritis pandemi) adalah menulis di blog , baiklah mari kita menulis satu artikel di blog.



Dan setelah selesai satu blog, Masya allah ada rasa bahagia di hati saya walaupun artikel itu hanya sekedar tulisan biasa saja.

 

Lama kelamaan, asyik juga ya menulis di blog, sesuka hati mau menulis apa saja, yang penting buat tulisan di blog, malah sempat menulis dalam bahasa Inggris. Sok atuh, yang penting hati ini bahagia, pelan-pelan mulai bangkit dan struggle. 



Sampai sekarang, saya selalu bilang kalau menulis blog adalah salah proses healing diri saya menjadi lebih baik lagi, membuang toxic- toxic dalam diri. 




2. Ngeblog membuat saya selalu upgrade diri



Dulu, saya hanya sekedar ngeblog atau sekedar ikut lomba, karena pandemi, hati resah dan terobati dengan ngeblog, saya mulai fokus untuk ngeblog. 



Ternyata ngeblog, bukan hanya sekedar menulis blog saja , tapi lebih dari itu. Saya belajar banyak hal tentang membuat blog menjadi lebih baik lagi. Saya belajar desain grafis, belajar SEO, SEM, menulis dengan baik, copywriting, dan membaca banyak informasi apalagi kalau ada lomba-lomba blog , mau tak mau saya harus membaca banyak referensi, otomatis ilmu pengetahuan saya pun bertambah. Upgrade diri jadi nya . 




3. Ngeblog bisa mendapatkan cuan


Nah, ini dia, alhamdulillah, hampir 3 tahun ikut lomba blog sana-sini, akhirnya saya merasakan juga dapat duit dari blog saya ini. Terima kasih ya Allah, ilmu -Mu luar biasa. 


Siapa bilang, ngblog ga ada duitnya ada kok asal fokus,  mau upgrade diri baik ilmu pengetahuan dan skill tentang blog, dan tetap semangat dalam berkarya. Malah blog saya sudah dapat Google adsens, walaupun belum banyak. Segala sesuatu dimulai dari yang kecil hingga menjadi besar. 




4. Ngeblog adalah salah satu bukti kongret dari Visi, Misi dan Value diri saya




Nah ini yang terbaru, upgrade diri saya adalah saya mempunyai visi, misi dan value dalam hidup saya sampai nanti usia saya 85 tahun. Semua itu bermula dari ngeblog.
 

Teman-teman bisa baca tulisan saya tentang Misi, Visi dan value saya sebagai Blogger yang bahagia, penuh cinta dan selalu bersyukur di sini ya. 




5. Ngeblog membuat saya punya banyak sahabat hebat. 


Bermula dari gathering Blogger ASUS, saya ketemu dengan para Blogger hebat, belajar banyak hal dari mereka, dan dari ngeblog,  saya lun jadi punya banyak teman hampir di seluruh Indonesia. Dengan ngeblog, yang ga kenal menjadi kenal, yang jauh jadi mendekat, dan yang ga tahu menjadi tahu. Dengan Ngeblog kita bisa mempererat silatuhrahim, saling belajar, dan saling support satu sama lain. 





Itulah 5 manfaat yang paling saya rasakan dari ngeblog, dan tulisan ini di buat sebagai apresiasi saya dalam menyambut hari Blogger Nasional, tanggal 27 Oktober 2021



Semoga para Blogger bisa memberikan kebermanfaatan positif bagi peradaban dunia.




Selamat Hari Blogger Nasional 
(27 oktober)

Selamat Hari Sumpah Pemuda
(28 Oktober)
 











Terima Kasih
- Dewi Sudirman -

Blogger yang penuh cinta & selalu bersyukur. 



Bangkit dan Berani Maju Bersama Teman Skill Academy

- rumbengk -   Sudah siap untuk hidup yang lebih baik di 2021? Yuk, beli kelas di Skill Academy by Ruangguru, platform pelatihan no. 1 di Indonesia yang sudah dipercaya oleh > 4 juta pengguna.

Dapatkan pulsa sebesar Rp 20.000 dengan menukarkan kode referral SURYA7F54Q5I2BG4.




Buktikan kalau kamu #BeraniMaju untuk jadi lebih baik bersama Skill Academy!




Teman-teman, Saat dunia mendadak di serang pandemi, di saat itu bisnis saya pun mulai gugur satu persatu. Sepanjang tahun 2020 adalah tahun yang penuh perjuangan baik secara mental maupun keuangan.

Down? Sangat! 

Menangis? Tiap hari

Marah? Tiap bentar 

Merana? Merasa saya orang yang paling merana



Dan setiap hari berusaha untuk semakin dekat dengan Sang Kuasa, agar saya bisa healing diri dan bangkit lagi. Saya yakin di setiap masalah selalu ada solusi dan hikmahnya, begitu juga dengan jatuhnya bisnis saya, ada hikmahnya, salah satunya saya mulai bangkit dan berani maju bersama Teman skill Academy. 







Assalamualaikum  wr wb



Hai sahabat rumbengks  apa kabar? 
Semoga tetap sehat, bahagia dan penuh cinta. Aamin.



Tak terasa  sekarang sudah mendekati akhir tahun 2021, dua tahun lamanya dunia mengalami pandemi, dan sekarang, kita pun mulai harus beradaptasi era pandemic. 




Flash back  tahun 2020 dimana bisnis baju saya mulai tutup, adik saya ditipu orang sampai 300jutaan, bisnis Event organizer saya pun tutup karena larangan keramaian,  selama 6 bulan kita diminta untuk beraktifitas di rumah, dan kami pun terpaksa mengandalkan sisa tabungan yang ada, karena tabungan habis untuk bayar utang yang tidak sedikit. 



Gila? Hampir gila iya, mau marah tapi tidak tahu mau marah ke siapa, dan sepanjang hidup saya baru kali ini saya tak ada duit cash sepeserpun, benar-benar tahun 2020 adalah pengalaman yang berharga yang mengajarkan banyak hal termasuk melatih mental saya untuk struggle lebih kuat lagi.



Puncaknya pertengahan tahun 2020, kami pun terpaksa pindah kontrakan karena sudah tak sanggup bayar, dan terpaksa numpang di rumah mertua adik saya. Semakin down, tidak percaya diri, dan saya pun keluar dari grup sahabat-sahabat saya yang luar biasa. Ga kuat dengan kecemburuan saya terhadap mereka yang masih di beri karunia oleh Allah SWT, benar-benar harus healing diri, untuk sementara harus jauh dari media sosial terutama Facebook dan grup whatsapp. 



Bulan oktober 2020, saya pun diterima prakerja, bahagia bisa belajar lagi, bahagia bisa upgrade diri saya sambil proses healing diri. Pas saat itulah saya berkenalan dengan Skill Academy, platform belajar untuk meningkatkan skill, platform kelas yang  luar biasa dan sangat rekomendasi. 




Skill Academy and Me


Di tengah kegalaun hati, keresahan jiwa akibat tidak tahu harus bagaimana, saya diingatkan untuk belajar lagi, upgrade diri dan ilmu. Mungkin, ketika semua bisnis lama saya hilang, Allah menasihati saya untuk upgrade diri, jangan terlalu bangga dengan ilmu yang lama, yang kadang tidak "sakti" lagi dengan zaman sekarang, terlebih zaman pandemi, dimana kita harus tetap waspada, mengurangi keramaian, jaga kesehatan dan kebersihan diri. 



Dan tidak mungkin juga kita hanya tidur-tiduran di rumah tampa mengerjakan apapun, alasan karena masih pandemi, trus mau makan pakai apa kitanya? Tidak mungkin harus di bantu terus oleh pemerintah, atau orang lain, ada saatnya kita berusaha untuk diri sendiri. Jadi harus bangkit dan berani maju agar hidup semakin baik dan semakin bersyukur dengan apa yang kita miliki.




Ketika saya di terima prakerja, saya mencari ilmu yang kekinian dan bisa diaplikasi untuk memulai bisnis baru, cek sana, cek sini, dipikir-pikir, akhirnya saya memutuskan untuk fokus ke dunia Blogger, menulis di blog atau website. Menulis blog pun tidak selamanya yang kita pikirkan, harus belajar banyak hal juga. Dari tahun 2016 saya sudah kenal dunia blog, namun itu hanya sekedar menyalurkan hobi, barulah di akhir tahun 2020 saya mulai fokus menjadi Blogger. Ternyata, Blogger pun bisa menghasilkan uang. 




Saya sadar bahwa skill blog saya masih harus di upgrade, terutama dalam penulisan, makanya saya mulai mencari materi-materi yang berhubungan dalam penulisan. Alhamdulillah dapat bantuan prakerja itu sangat membuat saya bisa pelan-pelan bangkit, dan kelas pertama saya itu di Skill Academy. 




Ketika saya di terima di prakerja, saya pun memutuskan untuk fokus sebagai Blogger dan upgrade skill tentang Blogger. Menjadi seorang Blogger, harus bisa multiskill, seorang Blogger dituntut untuk bisa menulis dengan baik, memahami copywriting, SEO, monatize blog agar bisa menghasilkan duit, desain grafis, dan banyak skill teknik  agar blog kita bisa menghasilkan duit. Sekarang, Blogger sudah bukan hanya sekedar hobi, tapi bisa menjadi suatu bisnis dan masuk dalam digital marketing. 




Selain itu, menjadi seorang Blogger, kamu bisa belajar banyak hal yang bermanfaat, dan itu membuat saya bahagia. Ketika kamu bahagia, kamu bisa menhealing diri sendiri. Menulis blog ternyata bisa buat kita bahagia, terlebih lagi bisa menghasilkan duit, bahagia banget. Oleh karena itu, saya harus upgrade diri dan skill blog dengan mengambil kelas di Skill Academy. 




Skill Academy by RuangGuru adalah platform online atau  tempat belajar (kursus) online  untuk meningkatkan skill dan pengetahuan baik untuk pekerjaan ataupun perkembangan bisnis. Berbagai kelas online dengan banyaknya ragam materi yang kekinian membuat kelas di Skill Academy bisa untuk mahasiswa, ibu rumah tangga, profesional dan masyarakat umum lainnya yang ingin upgrade diri dan menunjang karir kita. Selain itu, SKILL ACADEMY juga menyediakan sertifikat di setiap kursusnya. 




Kelas pertama yang saya ambil di Skill Academy itu adalah "Kuasai Teknik Storytelling & Creative Writing Untuk Non - Fiksi" dari platform Skill Academy. Banyak platform dalam Prakerja yang menawarkan kelas upgrade menulis, namun hanya Skill Academi yang pembahasan nya jelas, terperinci dan videonya pun singkat sehingga saya senang belajar hal yang baru, bahagia bisa upgrade diri. 




Kelas ke dua dan ketiga pun saya ambil di Skill Academy. Saya benar-benar senang dan bahagia belajar di Skill Academy. Why? 









1. Up-to-date 

Kelas-kelas online yang ada di platform Skill Academy itu selalu sesuai dengan kondisi sekarang, kekinian dan kita dapat ilmu baru yang bisa menunjang karir atau bisnis yang kita gelut. Contoh kemarin saya ikut kelas online tentang Teknik storytelling dan creative writing untuk non fiksi, bagaimana menggunakan Storytelling dan creatve writing dalam membuat artikel di blog.



2. Instruktur Yang Berpengalaman 

Selain materinya, Instruktur di setiap kelas nya pun  mempunyai pengalaman dan praktisi di bidangnya masing-masing. 


Waktu di Kelas teknik storytelling, instruktur di kelas saya adalah Meutia Azzura seorang content  writer di Ogilvy Indonesia, dan bisa dipastikan materi yang disampaikan pun jelas dan terperinci. Saya belajar banyak dari materi yang beliau berikan, dan mencoba untuk terus praktek. 




3. Skill Academy  menggunakan metode Micro Learning Teaching


Skill Academy adalah platform belajar upgrade skill secara online, biasa dibilang e-learning. Salah satu metode untuk mengoptimalisasi e-learning, digunakan metode Micro Learning Teaching, dimana setiap materi kelas dibagi dalam beberapa sesi dengan durasi yang singkat. Selain itu, kelas di Skill Academy fleksibel sehingga bisa di akses di semua perangkat dan bisa kapan saja. 




4. Rangkuman Materi

Selain Video pembelajaran, kita juga di kasih rangkuman materi berupa pdf, bisa di print dan dijadikan catatan yang bisa membantu kita untuk belajar secara offline. Nah buat saya yang tipikal kalau belajar banyak mencatat biar ingat, rangkuman materi ini sangat membantu saya. 




5. Webinar Class

Nah ini yang saya suka lagi dengan Skill Academy,  selain video materi, setiap akhir kelas, kita juga dapat webinar class, dengan materi yang masih berhubungan dengan kelas yang kita ambil. Saya suka webinar ini, jika ada banyak pertanyaan saat menonton video pembelajaran, bisa ditanyakan langsung saat webinar class. 




6. Test Kemampuan 

Di setiap akhir sesi materi, sebelum masuk materi selanjutnya ada quiz. Quiz/test kemampuan ini untuk mengukur seberapa mengerti kita dengan materi yang barusan kita pelajari, dan ada syarat nilai untuk bisa melanjutkan ke materi selanjutnya. 



7. Mendapatkan Sertifikat

Setelah kita belajar semua materi yang ada dalam kelas yang kita pilih, dan mengikuti ujian akhir maka kita akan diberikan sertifikat yang bisa menambah portfolio karir kita.  Untuk teman-teman yang dapat bantuan prakerja, lebih baik ambil kelas pertama di Skill Academy,  karena Skill Academy cepat mengeluarkan sertifikat pertama teman-teman agar bisa cepat pula insentifnya cair. 




8. Lifetime Access

Semua kelas yang sudah kita beli, materinya bisa kita akses selamanya. Kita bisa mengulang-ulang materi yang ada di menampung, dan kapan pun. Belajar jadi menyenangkan dan siapa saja pun bisa belajar. 





B. TAMBAHAN UANG SAKU DARI SKILL ACADEMY 


Uang saku dari skill academy? Ya, dan inilah salah satu yang membuat saya berani bangkit meraih impian. Di Skill Academy,  kita juga bisa dapat tambahan uang saku. Senangnya saya kalau ada tambahan uang saku.



Skill Academy emang brilliant buat kita bahagia yaa, belajar nya yang menyenangkan dengan materi yang up to date, trus dapat uang saku pula.



Salah satu bentuk tambahan uang saku adalah Teman Skill Academy.



Teman Skill Academy 





Teman Skill Academy  adalah "program yang membantu kamu mendapat keuntungan dalam bentuk tunai dengan membagikan kode referral mu untuk membeli kelas di Skill Academy. Dengan mengajak teman untuk beli kelas di Skill Academy, kamu akan mendapatkan passive income senilai jutaan rupiah tiap minggunya."

 https://blog.skillacademy.com/ajak-teman-beli-kelas-skill-academy.



Teman-teman yang sudah pernah ambil kelas di Skill Academy  punya kesempatan untuk dapat tambahan uang saku jutaan rupiah, dengan mengajak teman, saudara, kenalan terutama yang dapat bantuan prakerja untuk belajar di Skill Academy.



Program ini terbuka bagi semua pengguna Skill Academy. Bagaimana caranya menjadi Teman Skill Academy?



1. Dapatkan dan  Bagi  Kode Refferal Skill Academy 

 
Sebelum membagikan kode refferal Skill Academy kamu, dapatkan dulu kode refferal itu di aplikasi atau web SkillAcademy, atau bisa dibilang kode promosi ya mu sendiri ya. 





Caranya, teman-teman bisa daftar dulu di website Skill Academy  atau saran saya lebih simple dan cepat mendaftar lewat aplikasi Skill Academy yang bisa di unduh di playstore. 



Setelah mendaftar dan buat akun di Skill Academy, silakan klik menu " Tambahan Uang Saku " yang terdapat di navigator bagian bawah. Nanti, kamu akan dibawa menuju halaman kode refferal , dan disana akan ada kode refferal mu sendiri yang akan bisa kamu bagi nantinya. 






Contoh kode refferal Teman Skill Academy  
SURYA7F54Q5I2BG4





Kamu bisa bagi kode refferal mu dengan menyalinnya, seperti SURYA7F54Q5I2BG4 atau bisa langsung tekan  "bagi link" ke media sosial mu, seperti  Facebook, Twitter, whatsapp, dan media sosial lainnya.
 







2. Pilih Metode Penerimaan Benefit dan Bonus


Setelah kamu sudah bagi kode refferal atau kode promosi mu di media sosial dan whatsapp, yuk  kembali ke halaman kode refferal dan pilih metode penerimaan benefit dan bonus.  Terdapat dua pilihan metode penerimaan benefit dan bonus yaitu lewat pulsa handphone  rekening bank. 





Kalau mau memilih pulsa handphone, pastikan handphone mu sudah benar dan tervalidasi oleh Skill Academy  ya. 
Kalau kamu pilih nomor rekening, pastikan nomor rekening mu sudah benar. 




Apa Saja yang bisa Kamu Dapat dari Teman Skill Academy?




Ajak teman-teman mu, saudara mu dan kenalan mu untuk beli kelas di Skill Academy menggunakan kode referral mu seperti SURYA7F54Q5I2BG4 ini,  lalu dapatkan benefit dan bonusnya yang akan dikirim 1 hari kerja ( pengiriman benefit akan dikirim setiap hari kerja, kecuali hari sabtu-minggu  dan hari libur nasional) 




3. Berikut skema benefit dan bonus Teman Skill Academy 








Ada dua sistem benefit yang akan kita dapat : 
Benefit pada pembelian pertama dan benefit saat peluang kedua atau selanjutnya. Teman-teman bisa lihat gambar diatas ya




Alhamdulillah,  saya pernah dapat pulsa dari TemanSkillAcademy, dan pas pula, lagi tidak ada pulsa, bahagia banget. Benefit Teman Skill Academy emang nyata adanya. 



Selain Benefit, kamu juga bakal dapat bonus tambahan. 





4. Kompetisi  Top Referral 





Selain benefit dan bonus tersendiri, Teman Skill Academy juga mengadakan kompetisi top refferal dengan banyak hadiah yang menarik. Seperti kemarin nih tanggal 24 Agustus 2021 - 30 September 2021, Teman Skill Academy baru saja mengadakan kompetisi Top Referral  yang di bagi menjadi 3 kategori:  
1. Gold
2. Silver
3. Bronze



Siapapun bisa ikut dengan melakukan pembelian kelas pada platform Skill Academy dan memiliki kode refferal dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. 



Hadiah kompetisi Top Referral kemarin itu sangat menggiurkan,9 setiap pemenang mendapatkan 1 hadiah. 



Pada kompetisi top refferal yang baru ini, setiap transaksi sebesar Rp5.000,00 (lima ribu rupiah) akan terhitung sebagai 1 (satu) poin. Jumlah minimal poin di setiap kategori Pemenang dan kuota Pemenang yang akan dipilih per kategori adalah sebagai berikut:



Gold: 5 (lima) Pemilik Kode dengan jumlah poin tertinggi selama Periode Kompetisi berlangsung


Silver: 5 (lima) Pemilik Kode dengan minimum poin sebesar 20.000 (dua puluh ribu) poin selama Periode kompetisi berlangsung; dan


Bronze: 10 (sepuluh) pemilik Kode dengan minimum poin sebesar 500 (lima ratus) poin selama Periode Kompetisi berlangsung.



Setiap Pemenang dapat memperoleh 1 (satu) hadiah berdasarkan total poin yang telah diakumulasikan hingga akhir Periode. Masing-masing Pemenang di setiap kategori akan mendapatkan hadiah berupa:


Gold
Peringkat 1: Motor Honda Beat
Peringkat 2: Samsung Galaxy S20
Peringkat 3: LG Smart TV
Peringkat 4: Laptop Acer
Peringkat 5: Sepeda Lipat

Silver
Peringkat 6-8: Samsung Galaxy Tab A7
Peringkat 9-10: JBL Flip 5 Portable Speaker

Bronze
Peringkat 11-13: Xiaomi Smart Band 6
Peringkat 14-16: Sony Wireless Headset
Peringkat 17-20: Powerbank Anker Powercore




Info lebih lanjut tentang kompetisi TopReferral, teman-teman bisa baca di sini atau kamu bisa join di group Telegram melalui bit.ly/updateinfotemanSA



Skill Academy platform no 1 dan terbaik di Indonesia dalam menambah pengetahuan dan meningkatkan skill untuk mendongkrak karir dan bisnis. Selain kelas nya yang beragam, kekinian dan instruktur yang berpengalaman,  Skill Academy juga memberi uang saku tambahan sampai jutaan rupiah dan hadiah - hadiah menarik untuk para pemenang top refferal Teman Skill Academy.  




Ribuan orang termasuk saya sudah jadi Teman Skill Academy,  sekarang giliran kamu! Yuk  terus tingkatkan Skill diri bersama Skill Academy dan dapatkan jutaan uang saku dari Teman Skill Academy.  



Terima kasih 
Salam cinta dan bahagia
Dewi sudirman 
















 

Me and TDA Bengkulu

- rumbengks -  Saat Webinar " Adaptasi Bisnis di Era pandemi" bersama pengadaian dan BCA, saya ingat satu kalimat dari salah satu narasumber nya, yaitu  Pengusaha itu artinya orang yang berusaha, jadi kalau mau menjadi pengusaha, ya berusahalah. Jadi kepikiran dengan beberapa arti kata: 

Pejabat adalah orang yang menjabat suatu jabatan

Pekerja adalah orang yang bekerja

Pelayan adalah orang yang melayani

Penulis adalah orang yang menulis

Pengurus adalah yang mengurus sesuatu


Benar kah? 

Menjadi pengurus sekaligus pelayan suatu komunitas itu butuh niat yang tulus dan positif thinking, yaaaa semuanya tergantung niat. Kalau niatnya baik maka hasilnya pun baik, kalau niat nya sudah salah, ndem...no comment dah.






Assalamualaikum wr wb


Hai teman-teman rumbengks, 

How are you?.
 
Semoga selalu sehat, bahagia dan tetap bersyukur atas semua karunia yang Allah SWT berikan kepada kita ya..aamiin


Beberapa hari yang lalu, saya ketemu sahabat yang sama-sama bergabung di salah satu komunitas bisnis terbesar di Indonesia, Komunitas TDA  yang ada perwakilannya di Bengkulu,  TDA Bengkulu.  Beliau cerita lebih tepat nya curhat sedih apa yg beliau rasakan dalam komunitas TDA, mungkin karena sayanya ga ada di dalam atau ga tahu kenapa. Intinya kakak ini,  Ngerasa di cuekin, di anggap ga ada artinya karena bisnisnya masih kecil, trus serasa di beda2 in, ada kelompok2 tersendiri dalam TDA Bengkulu, dan masih banyak lagi  curhatnya  saya lupa, jujur saya jadi bingung apakah hanya dia saja atau semua member baru TDA BENGKULU nngerasain juga? Kalau saya sih karena memang sengaja belum upgrade member, jadi belun bergabung di grup member silver TDA Bengkulu, maaf tidak tahu apakah yang dia curhatkan benar atau hanya perasaannya saja?. 



Beliau  juga menanyakan banyak hal, salah satunya  apakah komunitas Bisnis TDA  itu begitu ya? Apakah menjadi pengurus TDA itu ada prestise tersendiri  ya mba? Kok bisa mba dewi jadi inisiator TDA Bengkulu? Tapi seperti dicuekin ma pengurus dah? 


Maafkan saya ya mba, asli pas ditanya begitu pingin ketawa, ya tuhan...dia ga tahu apa yang saya rasakan saat jadi pengurus TDA Bengkulu dulu ya, saat awal memperkenalkan TDA di Bengkulu? ...saya ga bakalan bahas itu, biar jadi amal tersendiri saja. 


Karena kemarin saya ga sempat jelasin, izinkan saya balas lewat blog ya, biar ga ada lagi yang tanya dengan pertanyaan yang sama, trus biar saya ga capek jawab nya . 




1. Apa itu Komunitas TDA 


Komunitas Tangan Di Atas atau disingkat TDA adalah suatu komunitas yang beranggotakan para wirausahawan muda dan orang-orang yang berminat dengan dunia entrepreneurship. 


Komunitas Bisnis Tangan di Atas (TDA) berawal dari sebuah blog tentang bisnis yang ditulis oleh pengusaha Roni Yuzirman, pemilik produsen pakaian jadi ManetVision.


Pada tanggal 22 Januari 2006 para pembaca blog yang terinspirasi oleh tulisan-tulisan Roni Yuzirman kemudian mengadakan talkshow yang menjadi tonggak awal berdirinya sebuah komunitas bisnis yang diberi nama Komunitas Bisnis Tangan di Atas (TDA).


Jadi, sejarahnya Komunitas TDA itu didirikan pada Januari 2006 oleh Badroni Yuzirman dan 6 pengusaha lainnya. Sampai 2017 telah bergabung tidak kurang dari 15.000 member TDA dan di antaranya terdapat lebih dari 6.000 member terdaftar.


Di tahun 2013, TDA telah hadir di 61 kota di seluruh Indonesia termasuk TDA Bengkulu,  dan di 4 negara, yakni TDA Singapura, TDA Hongkong, TDA Mesir, dan TDA Australia.




2. Komunitas TDA Bengkulu 


Komunitas TDA masuk ke Bengkulu  September  2015 di acara TDAcamp se-Sumbagsel di Lampung.


Tujuannya agar para pelaku usaha di Bengkulu bisa go Internasional, dan Bengkulu bisa dikenal banyak orang menjadi kota kreatif dengan pariwisata 10 besar terbaik dunia. (Cieee mimpi saya di tahun 2015 emang seperti anggota dewan saja) oleh karena itu Bengkulu butuh "kendaraan" yang sudah Go Internasional, yaitu komunitas TDA, yang sudah ada hampir di wilayah Indonesia, dan saat itu sudah ada di mancanegara. 

Perjalanan TDA Bengkulu 



















3. Bangga menjadi Pengurus TDA Wilayah?


Saya mah Bangga menjadi member TDA kakak, kalau jadi pengurus? Hm....sepengetahuan saya, teman-teman di daerah lain kalau bisa memilih, maunya jadi team hore, belajar banyak tentang upgrade bisnis dan diri, jadi member saja.


Ga gampang kakak  jadi pengurus di komunitas TDA, karena kita melayani sejuta tipikal orang tampa di gaji atau kadang malah ga di hargai, dan kadang malah kita lupa dengan bisnis kita. Saya ingat banget, menjadi pengurus TDA itu harus ingat prinsip kebaikan akan menghasilkan kebaikan, apa yang kita tanam itu yang akan kita dapatkan. Taking Giving


Ketika saya  waktu itu di amanahkan jadi salah satu pengurus TDA Bengkulu, it is hard and fun, sulit karena amanahnya besar banget dan jujur harus kuat mental karena kita ga bisa menyenangkan semua orang, kita ga bisa memaksa orang untuk menyukai kita. 


Bahagia, karena bisa kenalan banyak pengusaha2 hebat baik di Bengkulu ataupun di Indonesia,  punya banyak saudara hampir di seluruh wilayah Indonesia, bahagia melihat bisnis teman yang aktif ikut TDA, bisnisnya pun upgrade dan bisa bermanfaat buat banyak orang.  Balik lagi, semua tergantung niat. 



Dan maafkan ya kakak, jika kemarin saat acara ada ngerasa kurang berkenan atas sikap kami, percayalah mungkin itu tidak sengaja karena kesibukan para pengurus TDA Bengkulu agar acara berjalan dengan baik. 



4. Kenapa saya jadi inisiator TDA di Bengkulu? 


Mungkin ini karena takdirnya Allah SWT, dan mungkin juga Allah SWT mengizinkan saya jadi inisiator TDA Bengkulu. Yang saya tahu waktu itu niat saya, sebelum bertemu TDA agar Bengkulu (kota kelahiran keponakan saya) bisa dikenal banyak orang. 


Bayangkan kalau ada yang nanya 
A : "Kamu dari mana?"
B : "Dari Bengkulu"
A :  "Bengkulu itu Kalimantan bagian mana?"
 

What?.. #####** itu adalah pertanyaan yang sering banget ditanya mayoritas teman-teman saya di pulau Jawa, kadang kalau saya malas buat jelasin ya suka bilang saya dari Padang, baru deh mereka ga nanya lagi. Moga-moga sekarang sudah banyak tahu kalau Bengkulu  letaknya di Pulau Sumatera, punya keindahan alam yang Amazing, pantai nya panjang dan dihiasi pohon bakau serta cemara, jalan yang berliku, dan kopi yang nikmat. 


Ke Bengkulu tampa minum kopi, seperti makan sayur bayam tampa garam dan sasa.


Niat awal saya hanya ingin Bengkulu dikenal banyak orang, jadi tidak sengaja  mentwitter president komunitas TDA yang terpilih di awal tahun 2015, bapak Musthofa Romdloni, cuma iseng  nanya " Kapan ya TDA  ada di Bengkulu?" Eh malah di respon luar biasa, diminta untuk membangun TDA Bengkulu dan  saya sempat ngajak beberapa teman, tapi karena mereka sibuk, jadilah saya sendiri yang ikut berangkat TDACamp di Lampung (waktu itu salah satu persyaratan untuk membangun TDA di Bengkulu) . Dan jadilah TDA Bengkulu. 



Berharap dengan adanya TDA  bisa memberikan keberkahan positif untuk perkembangan bisnis teman-teman di bumi Raflessia. Balik lagi, semua tergantung niat. 

 

Di cuekin oleh pengurus TDA Bengkulu  sekarang? Apa iya? Hahahaha mungkin karena saya duduk di belakang  saat acara kemarin ya? 


Enggak lah, mereka perhatian kok mba, buktinya saat itu, pada minta saya duduk di depan, namun saya lebih suka duduk di belakang. Dari dulu kalau ga urgensi, ya saya sangat jarang duduk di depan sekali walaupun tamu undangan, ga betah-an saya nya. Mungkin juga karena kebiasaan event organizer, bawaannya suka duduk-duduk manis dari belakang. 




Dihargai atau tidak ya itu urusan mereka dan itu sudah di luar kendali saya, jadi ga usah terlalu  dipikirkan. So begitu juga buat mba yang ngerasa ga dihargai, ya biarkan saja. Yang penting  kitanya tetap menghormati mereka. 




5. Teman-teman TDA memandang sebelah mata terhadap kakak dan bisnis kakak? 


Don't be sad, La Tahzan sahabat. 
Seperti kata mentor saya, ini adalah satu komunitas dimana banyak manusia dengan  tipe yang berbeda, dan  beragam usia, beragam sifat. 


Berkomunitas itu untuk mengasah mental dan skill diri menjadi lebih baik lagi. Tidak usah merasa rendah diri, atau malu dengan bisnis yang ada, yang penting kita fokus dalam menjalaninya. 


Lah saya waktu awal gabung dengan TDA, bisa dibilang saya ga ada bisnis, soalnya waktu memutuskan pindah ke Bengkulu, toko baju saya serahkan ke adik saya, dan saya hanya nerima keuntungan saja, saat awal bergabung di TDA, saya lagi di titik jenuh berdagang baju, dan memutuskan untuk mulai jualan online, itupun kalau lagi mood. 



Rendah diri? Saya pernah merasakan Saat datang ke tdacamp sesumbagsel ditahun 2015 , takut ga di sambut dengan baik oleh teman2 TDA secara bisnis mereka sudah mapan dan berhasil. Namun, saat pertama bertemu dengan teman-teman TDA di TDAcamp sumbagsel, sambutan mereka luar biasa, jadi seperti keluarga, respect mereka terhadap niat saya untuk bawa TDA ke Bengkulu luar biasa, fully support dan itu  membuat saya jatuh cinta dengan TDA. 



So, di komunitas TDA ga ada namanya memandang rendah bisnis seseorang apapun itu asal halal dan berkah, di komunitas TDA juga   ga ada yang  meremehkan orang yang bangkrut, malah kadang kita belajar dari pengalaman itu, dan juga di komunitas TDA  tak ada pemaksaan untuk ini dan itu, semuanya diminta kerelaan saja, keikhlasan dalam action, semuanya berawal dari niat. 



Komunitas TDA  bukanlah komunitas profit namun komunitas bisnis berbasis sosial dan punya landasan hukum, komunitas yang dibangun bertujuan untuk membantu para membernya belajar agar bisa upgrade bisnis  nya , membantu yang ingin mulai berbisnis untuk menjadi pengusaha. Misi TDA itu, komunitas pengusaha yang memiliki kontribusi positif untuk peradaban. Selain itu, tolong diingat bahwa  Komunitas TDA juga punya value, dan berharap semua member terutama pengurus TDA Bengkulu berusaha untuk memahami dan belajar mempunyai value TDA (termasuk saya). 


Apalagi ya pertanyaannya, maafkan saya lupa, dan Mohon maaf jika ada kata-kata di blog saya yang salah, mohon maaf jika selama ini saya terkesan tidak peduli, karena sejujurnya saya terlalu  peduli dengan TDA.



Ingat, ketika ada rasa kurang nyaman saat berkomunitas atau berbisnis, ingatlah pesan babe Jamil Azzaini



"JANGAN TERLALU FOKUS DENGAN HAL YANG DILUAR KENDALI KAMU. Dan JANGAN SAMPAI KEBAHAGIAAN MU DISERAHKAN PADA MULUT ORANG LAIN"







Salam penuh cinta 
 - Dewi Sudirman - 
Happiness & lovefullness Blogger