Keliling Eropa bersama Le Petit, Mamamia!

-rumbengks- Cobalah beli Garlic Onion Cake di Le Petit, dan taste it ..hm mamamia and sejujurnya pas saya coba, nyesal cuma beli satu.  Buat saya ke Le Petit bukan hanya sekedar untuk beli roti, pastry or cake, namun pengalaman merasakan pastry yang di buat secara profesional dengan bahan berkualitas yang rasanya sama dengan aslinya itu yang menggoda. Experience is a gold. 


Source : Instagram Le Petit





Assalammualaikum wr wb,



Dears friends, apakabar hari ini? Semoga selalu sehat dan bahagia ya. Pandemi masih belum usai, tetap prokes jika keluar rumah dan balik lagi ke rumah, sayangi diri sendiri dan keluarga, okay. 

 

Bengkulu, kota yang terletak di pulau sumatera dan mempunyai pantai yang panjang dengan pohon pinus dan mangrove yang berjejer,  mempunyai banyak toko bakery yang enak namun sangat jarang yang menyediakan dine in atau tempatnya yang instagramable. 




Alhamdullillah, ada satu toko bakery yang berdiri sudah lama di tahun 2015 namun outlet nya baru di buka di Bulan Agustus 2021,  emang kece badai dah,  instagramable, dan kualitas bakerynya premium punya, namanya  Le Petit.





Le Petit (ngebacanya le Peti) adalah artisan bakery premium pertama di Bengkulu, asli milik orang Bengkulu, awal mulanya dari Bengkulu dan emang untuk Bengkulu. Keren dah buat jadi oelh-oleh Bengkulu kekinian.




Artisan bakery adalah bakery (cake, roti, kue, dessert lainnya) yang tidak diprodukso secara masal, dibuat langsung di toko, dan tidak terlalu lama di pajang di entalase toko. Artisan bakery adalah sebuah konsep pembuatan roti yang memproduksi roti dengan kesegaran tinggi dengan kualitas bahan yang premium. Secara harfiah, artisan yang berasal dari bahasa Prancis berarti pengrajin yang membuat produk dengan tangan (handmade). Jadi bisa dikatakan Le Petit adalah artisan bakery premium pertama di Bengkulu karena mereka  memiliki kemampuan untuk membuat produk roti dengan teknik dan kualitas yang tinggi dan dalam jumlah yang terbatas. 




Le Petit berlokasi di Jl Kapuas Raya, Padang Harapan, Gading Cempaka. Kota Bengkulu, ini bersebelahan dengan restaurant Lavenrice, punya banyak ragam pilihan roti atau pastry yang lezat dan siap memanjakan lidah  dan perut mu, apalagi kalau lihat keseluruhan menu Le Petit di instagram nya ..waah serius saya tergoda! Saya sampai pesan 3 x menu yang sama dan itu tetap enak .Pain Délicieux! 




Ada 7 alasan kenapa kamu harus ke Le Petit



1. Di Le Petit, kamu serasa keliling Eropa 


Le Petit, artisan  premium bakery yang pertama di bengkulu sejak tahun 2015,  (waktu itu masih di jual secara online) yang didirikan oleh Lili Yodan Gunawan. Awalnya mulanya, kak Lili terinpirasi melihat banyaj toko pastry saat beliau ke paris, makanya saat kembali ke Bengkulu, bersama ibunda tercinta,  mulai mendirikan Le Petit di bulan September 2015 dan fokus di jual dan promosi secara online sesuai dengan pesan konsumen. 
 

Wah, bentar lagi september nih, happy Birthday Le Petit  ke 6. (Sama bulan lahirnya dengan saya, emang bulan September selalu punya makna, all of  month)
- dewi sudirman - 


Sebagai penggemar pastry, saya bahagia ada toko pastry premium di Bengkulu, yang emang kualitas bahan yang dipakai dan produksi rotinya premium banget. Banyak toko roti di Bengkulu yang jual pastry, but only Le Petit yang emang Eropa banget. 


But, dikarenakan masih pandemi, saya belum  sempat berkunjung ke outlet Le Petit yang baru buka di bulan Agustus 2021, lebih suka beli online lewat Instagram mereka, dan hampir keseluruhan menu yang di share instagram itu seperti mencicip kuliner khas benua Eropa. 



Cobain dah roti Baguette yang dari France
Atau Italian Panna Cotta, tiramisu , Burnt cheese cake atau Garlic Onion Bread yang hadir di Le Petit. Try and taste it. 


Source : Instagram Le petit




Apalagi kalau langsung beli di outlet, serius kayak keliling Eropa tapi ga pakai visa dan tiket pesawat, hemat biaya. Buat teman-teman yang punya dream mau keliling Eropa, saran saya, tulis impiannya,  cuss dah ke Le Petit beli bakery khas Eropa, nikmati rotinya, dan langsung bayangin (affirmasi)  lagi piknik sambil makan  pastry di pinggir sungai Seine Paris. Stt, biasanya kalau sudah ditulis, diucapkan dan di bayangkan dan dirasakan, tunggu aja insya allah akan terlaksana. 



Source : instagram Le Petit




2. Le Petit, Le Pain & Gâteau yang  menggunakan bahan yang berkualitas dan menyehatkan. 


Beneran? Beneran dong, jadi jangan heran kalau harganya  sesuai dengan kualitas dan rasa kue yang emang enak. Puas.


Le Petit menggunakan bahan makanan yang berkualitas dan sudah ada lebel Halal nya ya. Oh ya,  teman-teman yang ga bisa makan tepung putih bisa beli Asian Sourdough yang bahan utamanya gandum dan olive oil. Ada kismis dan kacang (saya ga tahu namanya apa, tapi kacaangnya enak bukan kacang tanah).

Saya pernah beli Asian Sourdough dan emang benar love it so much. Baru kali ini saya suka Sourdough, dulu pernah di kasih teman tapi kurang suka dengan rasanya padahal saya temasuk penggemar pastry khas Eropa. Eh pas coba di Le Petit..enak tenan! bon appétit!. 



Le Petit tidak menggunakan bahan pengawet dan pelembut makanan bahkan hal terkecil sekalipun diperhatikan secara detail. Karena artisan premium Le Petit memiliki quality Control yang baik untuk memuaskan dan memanjakan lidah dan oerut konsumennya. Sehat tidak hanya sekedar sehat tapi mengenyangkan. 




3. Le Petit, Le Pain & Gâteau pertama  di Bengkulu yang sustainable living. 


Selain menggunakan bahan yang berkualitas dan premium, packaging Le Petit pun tak kalah keren, lucu dan sustainable living. 



Awalnya tak yakin plastik yang punya gambar lucu ini bisa di daur ulang, ternyata saat diperhatikan benar, plastiknya terbuat dari oxium 100% degradable Plastic, plastik yang ramah lingkungan. 



Sejak 10 tahun yang lalu, saya selalu berusaha concern dengan sustainable living, dimulai dari membawa tumbler, sapu tangan dan hal-hal simple yang bisa memberikan kerberlangsungan hidup di bumi. Nah, saat tahu Le Petit menggunakan plastik yang bisa di daur ulang lebih cepatbdari plastik biasa, I am so proud. Merci beaucoup Le Petit. 



4. Le Petit is Service Excellent. 

Service itu bisa menetukan apakah konsumen kita akan menjadi "mimpi buruk " atau brand ambassador bisnis kita tampa kita mengeluarkan biaya sepersen pun. Namun kadang ada beberapa bakery lupa bagaimana memberikan service excellent ke konsumennya. 



Saya pernah merasakan service yang kurang bagus saat beli kue, dan alhasil saya malas  ke sana lagi walaupun banyak yang rekomendasi kue nya enak. Alhamdullillah sekarang dapat toko pastry yang enak dan service nya excellent, ya Le Petit. 




Pertama kali pesan lewat online, admin Le Petit pasti nanya alamat rumah dan menawarkan ojek online dari mereka atau dari saya, nah karena saya maunya simple jadi meminta mereka menyediakan ojek online nya dan alhamdullillah setiap pesanan saya selesai, mereka confirm ke saya apakah ada di rumah agar bisa di antar langsung ke rumah. Tak lupa juga adminnya mengucapkan terima kasih karena sudah membeli roti di  Le Petit. 




Pesanan ke dua, agak cemas juga apakah admin nya bakal nanya alamat saya seperti penjual online yang lain, dan ternyata tidak. Padahal  jarak pesanan 1 dengan pesan ke 2 lumayan jauh, namun karena saya sudah kasih tahu alamat di pesanan pertama, maka sudah tersimpan di sistim mereka. Ga nanya lagi, jadi mereka langsung anggap kita pelanggan yang baik. Simple namun menyenangkan. 



Actually, saya tah bete dah tiap pesan online di satu tempat harus ketik alamat terus, ga asyik. But Le Petit membuat setiap konsumennya itu berharga walaupun hanya beli satu buah roti yang harganya ga seberapa. Mereka tahu Service Excellent is Important. 




5. Outlet Le Petit yang Instagramable






Source Instagram Le Petit


Source : Instagram Le Petit




Nah ini....outlet nya Le Petit  yqngbdi jalan kapuas, bersebelahan dengan resto Lavenrice itu instagramable banget.  Desain interiornya yang asthetic dan identik dengan nuansa khas Eropa membuat kita seakan-akan lagi di Eropa.  


Namun sayang, untuk sementara, selama masih pandemi, Le Petit tidak menyediakan Dine in. Tenang..tenang masih bisa berphoto ria, atau bisa makan di restaurant Lavenrice yang ga kalah cantik dengan Le Petit. 




Sewaktu tulisan ini tayang saya belum sempat ke sana, karena setiap mau ke sana, saya selalu tanya dulu ke admin Le Petit,  kue incaran saya Japanase Cake Mango adakah atau tidak? Dan selalu saja habis jadi ya gituu.  Sejak pandemi, saya memang membatasi diri untuk keluar rumah, kalaupun harus ke luar rumah diusahakan bisa ke beberapa titik sehingga ga keluar rumah setiap hari. Rencana saya, saat ulang tahun saya nanti mau ke sana, mencoba mango japanase cake. Doain yaa.








6. Le Petit menggabungkan antara bakery khas Eropa dan bakery khas Asia terutama Jepang dengan hadirnya kue dan roti yang manis. 




Dari tadi, yang saya share roti khas Eropa yang terkenal dengan asin dan gurih karena keju, nah tenang, Le Petit juga menyediakan bakery khas Asia lainnya, seperti Japanase Mango ShortCake, kue mangga yang lembut dan dibuat dari resep asli. Owner nya Le Petit langsung belajar dengan chef asli japan untuk membuat Japanase  Mango Shortcake. Keren khan. 
 
Owner Le Petit yang selalu belajar dan meningkatkan skill untuk memberikan yang terbaik.
Source: Instagram le Petit



Selain itu, teman-teman juga bisa beli kue  utuh satu loyang atau slice (potongan) di Le Petit,  jadi ga ada ceritanya mau beli strawberry shortcake namun ga bisa karena harus beli satu buah yang besar. 




7. Le Petit is inovation Bakery


Ini nih yang saya masih penasaran, Le Petit selalu berinovasi untuk memperkenalkan kuliner khas Indonesia sehingga menjadi kekiniqn dan bisa dimakan oleh generasi millenial. Di Le petit ada cake putu yang terinspirasi dengan kue putu, Cake es teller, Cake kolak pisang, martabak roll cake dan masih banyak lagi kue yang terinspirasi dengan kue khas Indonesia. 



8. Le Petit , oleh-oleh khas Bengkulu yang kekinian. 


Dulu, iri banget lihat beberapa kota yang identik dengan kue kekinian, seperti Malang dengan strudle malang, Bandung dengan makuta nya, Bogor dengan raincake , Pekanbaru dengan Vizcake dan beberapa kota lainnya yang bisa di jadikan oleh-oleh. Selain rasa yang enak, kemasan kue kekinan pun juga cantik dan di pas untuk di jadikan oleh-oleh. 

Sekarang, saya ga iri lagi, ada Le Petit, yang mempunyai kemasan yang cantik, dan bisa dijadikan buah tangan, ada Le Petit bisa diandalkan sebagai  oleh-oleh khas Bengkulu yang kekinian. Ga butuh kue artis, cukup bawa aja Rollcake Martabak sebagai oleh-oleh dari Bengkulu. C'était délicieux!



Masih banyak alasan positif  lainnya  selain alasan di atas kenapa kamu harus coba Le Petit, artisan bakery premium dan pertama di Bengkulu. Meskipun begitu, karena masih pandemi, usahakan mematuhi protkol kesehatan, terutama gunakan double masker ya dan tetap jaga jarak. Bon appétit!



Donti forget to follow Instagram Le Petit

 



Outlet Le Petit

Jl. Kapuas Raya, Padang Harapan, Kec. Gading Cemp., Kota Bengkulu, Bengkulu 38225



Admin Le Petit
0821-3387-8888



Oh ya please subscribe and  follow our blog to get updates on your email about our new post. Thank You. Terima Kasih.  
--- dewi sudirman taher ----







CHATIME, Good Tea Good Time, dan Cara Ordernya

 Assalammualaikum dear friends,


'Indonesia Menang!

Thanks Gressia/Apriani for Mendali Emas Olimpiade Tokyo 2020

Kado terbaik untuk Indonesia'

Dewi Sudirman 











Awal bulan Juli 2021 akhirnya Chatime buka gerai juga di Bengkulu, dan saya bahagia banget, akhirnya bisa merasakan Chatime lagi, ga perlu lagi nunggu saat mudik ke Bandung atau saat jalan-jalan ke kota lain. Tanggal 4 juli kemarin, pas jadwal saya ke dokter gigi buat lanjutin perawatan syaraf gigi belakang, lanjut ke salah satu dari dua mall yang ada di Bengkulu, hanya untuk beli Chatime. Niat banget khan, ditengah carona, maksa diri buat beli Chatime, walaupun harus pakai double masker dan jaga prokes, no problemo! 


Sampai di mall Bengkulu, shock juga melihat antrian yang mau beli Chatime, ramai namun tetap kita jaga prokes, jaga jarak dan pakai masker. Saya pikir antriannya ga bakal lama seperti di daerah lain, dan ternyata lama juga, 1,5 jam saya ngantri hanya untuk beli 3 Chatime....crazy, dan itu karena  hampir semua yang beli saat itu, baru pertama kali membeli Chatime, bingung dan banyak tanyalah mereka sehingga itu yang membuat lama proses antrian. wajar, namun saat pandemi begini ya lebih baik cari dulu di Internet, untuk memnimalis interaksi dengan yang lain.  


Ada beberapa konsumen yang belinya hanya dua buah namun memakan 10-20 menit di depan bagian order, belum lagi untuk membayarnya dan itu buat saya gregetan. Rasanya mau nolongin dah biar cepat prosesnya. Maaf ya kakak-kakak, suggest kalau mencoba beli di sesuatu toko yang belum pernah kita beli, lebih enak browsing dulu atau cari review Chatime yang enak di internet sebelum membeli, biar ga banyak tanya di sana dan menghindari salah beli. 



Saya kenal chatime dari tahun 2012, saat pertama kali chatime masuk k kota Bandung, ga sengaja sih lihat ada keramaian salah satu gerai yang ada logo daun teh, apalagi kalau bukan Chatime, kepo dong, trus  nunggu agak sedikit sepi (walaupun ga ada sepi-sepinya itu gerai Chatime di Istana Plaza Bandung) baru saya beli, baru saya banyak tanya karena saya tahu di belakang saya tidak ada atrian yang panjang.


Awal beli Chatime saya pun banyak tanya, terutama mana yang the best drink, yang paling banyak di pesan, biasanya di menu  ada tanda 'signature' berarti itu paling banyak di pesan atau di beli. Seiring waktu mencoba beberapa varian menu nya, dana da menu favorite saya yang dari tahun 2012 sampai sekarang masih sama rasanya.




Sebelum saya share bagaimana memesan Chatime, yuk kenalan dengan Chatime 




Sekilas Informasi Tentang  Chatime Indonesia


Menurut webiste Chatime :

Chatime merupakan penyedia minuman brewed (campuran ) asal Taiwan yang menghadirkan lebih 50 varian rasa. Di Indonesia, Chatime merupakan salah satu bisnis unit di bawah payung Kawan Lama Group yang telah hadir sejak tahun 2011.

Chatime Indonesia hadir dengan enam kategori minuman yang dapat dinikmati oleh segala usia. Terdiri dari:
Signature Milk Tea (menu minuman milk tea favorit)
Tea Presso (menu spesial ice blended)
Smoothies (menu spesial ice blended)
TeaRRIFIC (menu minumam teh hijau dan hitam yang penuh rasa)
Coffe and Latte (menu minuman brewed coffee segar ) 
Mood Refresh (menu minuman sehat dan menyegarkan)

Dalam proses penyajian minuman, Chatime menggunakan daun teh pilihan yang diolah menggunakan brewing machine terbaru. Mengadopsi konsep penyajian customized drink, pelanggan Chatime dapat menentukan sendiri jenis topping dan takaran gula, serta es yang diinginkan. Chatime juga selalu berinovasi dengan menghadirkan menu terbaru.

Adapun sajian minuman Chatime juga bisa di nikmati dengan tambahan ragam pilihan toppping, meliputi Pearl, Pudding, Grass Jelly, Rainbow Jelly, Red Bean, Aloe Vera, Coconut Jelly, Coffee Jelly, dan Mousse



Ada lebih 100 gerai Chatime di Indonesia, khusus pulau Sumatera ada 39 gerai, termasuk dua gerai baru di kota Bengkulu.  Gerai Chatime ada di Padang, Pekanbaru, Medan, Palembang, Lampung, Jambi dan finally ada juga di Bengkulu. (thank you Chatime, you know I miss drink Chatime)


7 Alasan kenapa why Chatime for me : 


1. Chatime adalah salah satu minuman favorite saya kalau ke Istana Plaza Mall atau beberpa mall di kota besar. Minuman yang ingin saya bawa pulang kalau habis window shopping di mall ya Chatime. 


2. Chatime adalah minuman brewing teh yang menurut saya menyegarkan, dan bisa tahan lama dalam temperature kulkas. Saya kalau beli Chatime paling lama  tahan 2 hari di kulkas, paling cepat 2 jam sampai rumah habis dah...soalnya segar dan fresh Chatime


3. Chatime diproduksi dengan bahan yang berkualitas tinggi, tampa bahan pengawet. 


4. Chatime mengadopsi konsep " Customized Drink" dimana konsumen bebas menantukan kadar gula, batu es dan ukuran size gelas. Kalau untuk minum di tempat, saya suka less sugar but many ices, namun kalau untuk di bawa ke rumah, normal sugar and no ice, karena nanti di rumah ada es batu.


5. Selain customized drink, Chatime juga punya banyak toping, dan itu selalu ready (kalau ke Istana Plaza Mall Bandung), favorite saya coconut jelly, alias Nata De Coco.


6. Harganya standar namun enak dan pas di kantong. Beli satu yang ukuran biasa bisa diminum untuk berdua..puas dan hemat. Apalagi Chatime selalu ada promo...bahagia banget dah


7. Chatime selalu ada varian teh yang baru, dan itu menyegarkan dan taste nya itu unik namun buat segar. Pas banget dilidah kita yang orang Indonesia ini. Selain itu, Chatime juga fokus dengan suistanable living, dimana Chatime juga fokus dengan gaya hidup ramah lingkungan.



Cara memesan Chatime di gerai Chatime


1. ikuti prokes kesehatan (karena masih dalam  pandemi  covid-19 ) kalau antrian jaga jarak, pakai double masker, dan sering cuci tangan. Lebih baik pergi beli saat badan fit.


2. Tertib, ikuti aturan antrian yang ada, sambil nunggu browsing mau menu yang mana di website Chatime, mempersingkat interaksi dengan orang. 


3. saat di bagian order, pesanlah yang seperti kita mau saat lihat menu di website, usahakan membayar dengan E-money atau cash namun usahakan uangnya pas, tetap karena pandemi, mari mengurangi interaksi terlalu lama dengan orang lain. 


4. Saat pandemi begini, bagusnya bawa pulang ya, saran saja kalau mau di bawa pulang, bagusnya minta normal sugar no ice, atau normal sugar many ice agar saat di rumah kesegaran dan rasa Chatime tak berubah


5. Buat teman-teman yang tidak suka gula atau ada penyakit diabetes,  boleh minta no sugar, saya pernah pesan no sugar dan itu seperti minum teh hijau namun ada rasa buah, karena waktu itu saya pesan minuman favorite saya. 


6.Bayar sesuai pesanan, dan tinggal nunggu namanya di panggil untuk pick up Chatime. stttt, kadang adik saya suka tambahin namanya dia dngan kata cantik, imute dan baik banget. Bayangkan nama itu di teriakkin saat Chatime sdh siap di ambil. Dilihatin sejuta mata, dia bilang gue kayak artis. bahagia dah kalau beli Chatime.


7. Beberapa arti dari menu Chatime

signature : secara global banyak yang suka dengan rasanya.

recomended : yang direkomendasikan, biasanya di Chatime dikasih tanda daun teh

hot drink (tandanya gambar api, jd bisa pesan yang panas ) seprti skr di Chatime ada juga brewing kopi, dan itu langsung dari biji kopi yang telah di roasting. keren 

cool drink (tandanya bentuk es) bisa ditambah batu es, jadi kalau dalam satu menu ada tanda api dan es, berarti menu itu bisa dipesan pakai hot atau bisa juga dipesan dingin. 

Ice : batu es 

none : tampa es batu sedikit pun 

less : sedikit

normal ; es batunya normal sesuai takaran menu nya

extra : es batunya dilebihkan


Sugar ; Gula

none : tampa gula sama sekali

slight : sedikit

half : gulanya sesuai takaran menu




Contoh memesan Chatime saat di gerai chatime


Saya suka Taiwan Mango Juice, rasanya segar dan fresh karena perbaduan teh dengan mangga , ketika di bagian order, saya bilang

Taiwan manggo juice dengan cup reguler, less sugar, extra ice, toppingnya coconut jelly. take away. atas nama dewi cantik dan baik banget

(artinya : saya pesan taiwan manggo juice, ukuran gelasnya biasa saja, sedikit gula, banyakin esnya, topingnya nata de coco dan di bawa pulang) 

bayar, trus tunggu nanti team pick up memanggil nama yang sesuai dengan tulisan di gelas , dan mrk akan memastikan lagi nama kita dan pesanan kita. semua itu prosesnya hanya 10 menit, jadi ga lama ngantri.


Kalau ingin coba yang baru kayak saya kemarin, ya sambil ngantri, cek dulu di mbah google, "review pop can lychee rose", kombinasi teh ada rasa lychee dan aroma bunga mawar...fine, saya sangat suka itu! dan ternyata enakkkkkk




selain ke gerai, teman-teman juga bisa pesan lewat aplikasi Chatime atau onjek online, lebih simple dan lebih detail info di aplikasi Chatime. sayang, saat saya beli di awal juli kemarin, aplikasi Chatime belum bisa digunakan di Bengkulu.



NB; artikel ini di buat sambil nunggu nonton pertandingan final ganda putri olimpiade Tokyo 2020, dan telat bro, tahu-tahu sdh ramai pada ngucapin selamat. Terharu karena mereka  memang luar Biasa dari awal sampai final. mental mereka keren habis. Arigatou GreysAp.



ASUS VivoBook 15 Inch Buat Saya Gemes Banget! #BiggerDream WiderScreen

ASUS VivoBook 15 Buat Saya Gemes Banget ! #BiggerDreamWiderScreen




Assalamualaikum wr wb


Pernakah lihat sesuatu barang  yang "Adorable" alias ngemesin banget, dan gara adorable jadi pingin punya satu?.  Yes, pas lihat ASUS VivaBook 15  direview oleh banyak youtuber dan lihat langsung ke store ASUS di Bengkulu, it is Adorable buat saya, gemes lihat Asus VivoBook 15. Pengen (ngebet) punya satu. Kemarin ASUS ExpertBook sempat buat saya shock,  lah sekarang, saya gemes lihat ASUS VivoBook 15.  ASUS emang in Search of Incredible.



15 hari yang lalu, di Group gathering Blogger ASUS Bengkulu, mba kate (always dah beliau yang selalu'ngeracunin' saya tentang ASUS, but I like it, thank you mba Kate) ngeshare kalau ASUS bakal bagi-bagi 10 Laptop ASUS VivoBook. Oh my God, is it really? 

10 laptop ASUS VivaBook 15? 

free? 

Yes, ASUS bakal bagi-bagi 10 laptop Vivabook buat para blogger terbaik dalam writing competition bersama ASUS 15 Inch, dan ketika saya dengar itu,  mendadak nyanyi, "kanan kiri, putar-putar jari " yes, akhirnya saya ada kesempatan buat dapatin ASUS, sang pujaan hati. Ngebayang bisa menjalani hari bersama ASUS VivaBook 15, produktivitas saya sebagai pekerja digital akan semakin terasah baik, lebih kreatif dan innovatif dalam dunia digital, terutama dunia blogger. ASUS VivaBook 15 A516 makes you great everyday. (aamin)



(Sekilas ) Saya dan Dunia Blogger 


Pandemi membuat bisnis pengadaan seminar, workshop , dan training  saya harus berhenti sebentar sampai pandemi ini berlalu dengan baik, dan membuat saya mulai fokus menjadi blogger dan micro influecer di Instagram dan twitter. Menjadi blogger tidak segampang yang saya pikirkan, apalagi menggunakan laptop yang sudah 16 tahun bersama saya, oh ya bentar lagi sweet seventeen nih my laptop, itu seperti 'mendadak loading '  lama dalam penggunaanya. Ketika ide saya banyak yang mau saya tuangkan dalam tulisan, belajar ngereview banyak hal yang bermanfaat harus banyak bersabar  dalam menggunakannya karena laptop saya tidak bisa di bawa lari kencang-kencang, tidak bisa loading dengan cepat, tidak bisa memuat banyak data, dan parahnya tidak bisa jauh-jauh dari stock kontak.  


Belakangan ini, untuk mengetik tulisan di laptop ini agak sedikit kurang mood karena laptop saya seperti kakek-kakek yang dipaksa lari marathon, mesti sabarrrrrrrr banget.  Namun anehnya, kalau ngebahas ASUS,  saya  selalu  semangat 45 buat ikutan lomba ASUS walaupun  saya harus mengetik dengan sabar pada laptop saya yang kadang-kadang suka mendadak loading lama banget, dan  harus mereview dari banyak sumber bacaan atau berani datang ke toko ASUS terdekat (still sih di jutekin ma pelayannya, dan  kali ini, saya dapat ASUS Product Guide Majalah untuk di bawa pulang), demi ASUS saya rela jalaninya. (kesabaran, tidak termasuk dalam sifat baik saya)


Jujur aja, keluar dari  Store ASUS sambil nenteng majalah ASUS Product Guide aja saya sudah senang apalagi kalau bawa salah satu produk laptop ASUS, wow, Great Everyday in my day. #IniGayaGue. #BiggerDream.



"bawa majalah ASUS nya aja saya sudah senang apalagi kalau bawa salah satu produk laptop ASUS, wow, Great Everyday in my day. #IniGayaGue. #BiggerDream." Dewi Sudirman 



Buat saya, Menjadi blogger itu tidak hanya sekedar menulis jurnal pribadi secara online, tapi lebih dari itu, berharap tulisan saya bisa bermanfaat buat banyak orang, terutama untuk diri sendiri. Dari, blogger saya belajar banyak hal, belajar menulis dengan baik, belajar desain grafis, copywriting, dan membaca beraneka ragam sumber bacaan untuk memperkaya kosa kata, malah saya lebih banyak berselancar di tiktok untuk dapatkan kosa kata cantik untuk memperkaya tulisan saya.  Menjadi Blogger, mau tak mau saya harus "upgrade Skill diri" untuk memberikan yang terbaik. 



Salah satu alat yang paling dibutuhkan para pekerja online terutama blogger saat musim pandemic ini adalah laptop yang kekinian, yang portable, full innovation, tahan banting, pas dikantong, meningkatkan produktivitas, dan multitasking (bisa bekerja sambil bermain). Ternyata ASUS tahu akan hal itu dengan hadirnya  laptop ASUS VivaBook 15   yang adorable dengan innovasi  premium namun harganya masih terjangkau bagi semua kalangan terutama para blogger dan penjual online.


Sebulan yang lalu, saat saya membahas ASUS ExpertBook, beberapa teman saya di komunitas TDA nanya, adakah laptop yang pas buat kriteria mereka, baru terjun di jualan online, harganya pas dikantong, aman dari 'keingintahuan " anak-anak,  mudah menggunakannya, portable,  dan lifestyle buat para ibu-ibu?. Saya jawab ASUS itu selalu membuat konsumennya bahagia, ada juga laptop premiun namun harganya bisa terjangkau, salah satunya yang pas buat kita untuk pemula dalam jualan online ya ASUS VivoBook, dan ternyata sekarang saya akan bahas VivoBook yang menggemaskan itu, ASUS VivoBook 15 inch.



ASUS VivaBook 15 Bigger Dream,  Just Adorable Laptop Untuk Ultimate Lifestyle. 


Zaman sekarang sudah mulai berubah dengan cepat , dulu lihat anak-anak tetangga makan oreo, diputar lalu dicelupin ma susu, lah sekarang lihat keponakan sendiri makan oreo, di putar, lalu creamnya dimakan terlebih dahulu, ketika semua creamnya habis, baru biskuit oreonya dimakan. Ada juga hanya makan cream nya aja, biskuitnya ditinggalin buat orang tuanya. Jadi jangan heran kalau emak-emak sekarang creative dengan makanan dan banyak yang menjadi creator content makanan baik di IG atau di tiktok. 


Belum lagi, ditambah dengan adanya musim pandemi Covid-19 yang masih belum usai membuat semua anak-anak belajar online di rumah, para ayah dan ibu bekerja secara online di rumah, mahasiswa pun juga kuliah online. Covid-19 "memaksa" keluarga bekerja online di rumah, dan alat yang paling dibutuhkan dalam bekerja adalah laptop atau PC komputer.  

    

Berdasarkan survei yang dilakukan ASUS, masyarakat cenderung memilih laptop dengan layar berukuran 15 inci jika spesifikasi dan harganya sama, Salah satu yang dikeluarkan ASUS adalah ASUS VivoBook 15 (A516) sangat cocok untuk semua kalangan, baik gen Z yang berusia 16-25 tahun ataupun generasi X dengan rentang usia 40-54 tahun, baik itu pelajar, ibu rumah tangga, maupun professional karena ASUS VivoBook ini praktis, portable dan innovasi untuk mendukung produktivitas semua kalangan penggunanya. 

Saat sekarang ini, kita membutuhkan komputer masa kini yang memiliki tampilan berbeda dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, anda  mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahan dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jejak pendapat, dan hasilnya orang-orang lebih senang bepergian dengan PC modern. 


"Laptop dengan layar besar memberikan pengalaman visual lebih imersif. Hal ini menjadi alasan ASUS menghadirkan VivoBook 15 (A516) yang tetap memberikan dimensi ringkas sehingga nyaman di gunakan dan di bawa bepergian." 

Jimmy Lin

 ASUS Regional  Director South East Asia. 




ASUS VivoBook 15 A516 yang Powerful dan Hemat Daya

source:ASUS Website Official



ASUS VivoBook 15 A516 memastikan pekerjaan sehari-hari kita dapat diselesaikan dengan efisien dan cepat karena laptop ini menggunakan prosesor Intel Core generasi ke-10 dengan varian tertinggi Intel Core i5-1035GI dengan GPU hingga grafis diskrit NVIDIA GeForce MX330,  sehingga bisa menjalankan berbagia aplikasi yang membutuhkan kinerja grafis ekstra, termasuk penyuntingan video sampai game kasual.




Dengan kata lain,  ASUS VivoBook 15 A516 telah dilengkapi prosesor Intel® Core™ 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.



Menurut saya, ASUS VivoBook 15  di desain secara powerfull sehingga kita sebagai penggunanya bisa instal banyak aplikasi untuk  membantu pekerjaan kita tampa takut membuat laptop kita lambat, seperti laptop saya sekarang ini, rasanya pingin banget banting ini laptop, tapi laptop saya bukan dari ASUS. Inilah yang membuat saya ngebet banget pingin punya laptop ASUS.



ASUS VivoBook 15 juga hemat daya dengan teknologi Fast Chargingnya, memiliki kemampuan untuk mengisi baterainya lebih cepat, yang dilengkapi dengan power adapter 65 W.  Hanya 49 menit, 3 sel baterai litium polimernya terisi hingga 60 % , laptop ready to go.  ASUS VivoBook 15 juga dilengkapi ASUS Battery Health Charging, dimana dengan program itu bisa melindungi Baterai dari pengisisan daya yang berlebihan, meminimalis resiko over charger, dan itu bisa membuat baterai  3 x lebih tahan lama dari baterai biasa. Selain itu,  ASUS mendesain laptop  ASUS VivoBook 15 dengan baterai polimer-lithium yang lebih berkualitas dibandingkan baterai laptop lainnya. 


ASUS VivoBook 15 yang powerful dalam bekerja namun tetap memperhatikan penggunaan baterainya, malah bisa tahan lama baterainya ini yang buat saya kesemsem. Bisa nonton drakor tampa harus takut mati lampu.

 


ASUS VivoBook 15 A516 mempunyai Dual Storage


ASUS VivoBook 15 A516 memiliki desain ruang penyimpanan ganda untuk memberi keunggulan kinerja data super cepat dan kapasitas penyimpanan yang besar. Untuk ruang penyimpanan tersedia opsi SSD  hingga kapasitas 512 GB atau ruang penyimpanan ganda SSD 256GB dan hardisk 1 TB memberi kombinasi sempurna antara kapasitas penyimpanan besar dan kecepatan baca/tulis data yang cepat. 

Blogger itu berhubungan dengan inspirasi dan referensi, bekerja dan bermain, saya tipikal yang kalau lagi menulis suka dengar  lagu minang buat meningkatkan inspirasi  saya, atau kadang saya juga suka cari inspirasi dari tontonan film atau drama kesukaan saya, drakor atau drachin (drama china).  Hampir semua teman-teman blogger saya pun begitu, ga blogger aja sih, bisa dibilang hampir semua  pekerja digital juga begitu. 

ASUS VivoBook 15  memiliki desain double penyimpanan yang besar. Instal aplikasi di SSD untuk respon dan waktu loading yang lebih cepat, dan gunakan HHD untuk menyimpan file lebih besar seperti film, koleksi musik, dan album foto.  Jadi dengan ASUS VivoBook 15  buat nyimpan foto jualan online yang sgrabek-grabeknya, video belajar,   film, drakor dan drachin kolosal yang kadang episodenya ampe ratusan bisaaa tampa harus takut laptopnya "mendadak Laoding" lama karena ASUS VivoBook 15 punya Dual Storage.


ASUS VivoBook 15 Empower Your Dynamic Lifestyle



ASUS VivoBook 15 diperuntukkan untuk semua kalangan yang bekerja atau belajar dengan menggunakan laptop agar bisa meningkatkan produktivitas dan portable di bawa kemana saja sangat penting dalam mengikuti gaya hidup zaman sekarang terutama pada saat covid 19 begini. 


Berat laptop ASUS VivoBook 15  secara keseluruhan hanya  1,8 kg, ringan untuk dibawa kemana-mana. Selain itu,  ASUS VivoBook 15 ringkas dibandingkan laptop 15 inci lainnya, ini karena ASUS VivoBook 15 menggunakan teknologi canggih Nanodge Display di dua sisi. Teknologi ini menggunakan bazel yang berukuran 7 mm disisi samping, penggunaan bazel yang begitu tipis ini membuat rasio layar-ke-bodi mencapai 83%. 


ASUS VivoBook 15  dengan NanoEdge Display membuat layar tampak lebih lega dan konten yang disajikanpun akan lebih imersif. seperti kata Jimmy Lin, bahwa laptop berlayar besar memiliki banyak manfaat untuk penggunanya, mulai ruang kerja yang lebih luas, hingga pengalaman visual yang lebih imersif, itulah salah satu kenapa ASUS menghadirkan ASUS VivoBook 15 (A516).


ASUS VivoBook 15  adalah laptop ASUS yang layarnya  berukuran 15 inci dengan banyak varian nya,  resolusi layar yang sudah full HD dengan sudut pandang layar mencapai 178 derajat dan layarnya  juga sudah di lapisi dengan  lapisan anti silau (anti -glare coating) untuk mengurangi gangguan yang tidak diinginkan dari pantulan dan silau yang menganggu sehiungga kita bisa fokus pada apa yang ada di depan kita. Hal tersebut membuat ASUS VivoBook 15  sangat cocok untuk bekerja dan menikmati konten multimedia.


ASUS VivoBook 15 semakin terlihat menggemeskan dengan tampilan luarnya yang dilapiskan Transparan Silver atau Slate grey. 



ASUS VivoBook 15  Secure and Strong 

source: ASUS Website Official


ASUS VivoBook 15 juga dilengkapi dengan sensor sidik jari bawaan di touchpad dan Windows Hello, sehingga kita tidak perlu lagi mengetik kata sandi setiap saat, yang kita butuhlkan hanya sekali sentuhan . Hampir semua laptop ASUS sudah dipastikan menggunakan fingerprint sensor touch screen dan Windows Hello (fitur yang biasanya ada di laptop premium)  untuk memudahkan penggunanya sekaligus memberikan rasa aman dari 'tangan-tangan' jahil.


ASUS VivoBook 15 memiliki fitur perendam guncangan  E-A-R HDD  untuk melindungi data kita dari setiap benturan yang tak sengaja . Laptop dengan HDD biasanya sangat lebih rentan dibandingkan dengan SSD. pada ASUS VivoBook 15  HDD sudah dilengkapi dengan fitur perendam getaran HDD E-A-R untuk melindungi data kita dari setiap benturan. Perlindungan Hard Drive aktif secara otomatis mendekteksi getaran dan benturan di tiga sumbunya , untuk secara efektif mengurangi kerusakan HDD, jadi tidak perlu khawatir saat bekerja dimana saja termasuk bekerja di dalam kendaraan. 


ASUS VivoBook 15 juga memiliki reinforced chassis, penahan logam dibawah keyboard memberikan platform yang jauh lebih stabil saat mengetik dan menggunakan touchpad. Selain itu, memberikan kekakuan struktural , memperkuat engsel dan melindungi komponen internal. ASUS VivoBook 15 juga dilengkapi dengan teknologi reinforced lid, dimana sisi tutup laptop  diperkuat sebagai pelindungan benturan saat dalam kendaraan. Teknologi ini juga memberikan dukungan struktural untuk cover, layar,  dan engsel. 




Keyboard ASUS VivoBook 15  Full Backlit



Hal yang paling menarik buat saya adalah, semua laptop ASUS dilengkapi dengan backlit, begitu juga ASUS VivoBook 15  keyboad ASUS VivoBook 15  dilengkapi dengan backlit sangat sempurna untuk bekerja di lingkungan yang minim cahaya, ASUS VivoBook 15  juga di desain Ergonomis dengan konstruksi satu bagian yang kokoh, serta menggunakan key travel 1,4 mm memberikan pengalaman mengetik yang nyaman. 

Keyboard yang backlit, desain Ergonomis yang kokoh serta tombol keyboardnya yang miliki key travel sejauh 1,4 mm membuat laptop ASUS VivoBook 15  cocok untuk para blogger dan pekerja dunia digital karena bisa mengetik di mana saja , kapan saja saat tiba-tiba mendapatkan sumber inspirasi tampa menganggu orang sekitarnya. 

Keyboard Backlit adalah keyboard yang bercahaya saat lampu penerangan di sekitar minim atau gelap sehingga kita bisa melihat kharakter keyboard secara jelas. 




Konektivitas ASUS VivoBook 15 yang Konstan dan Lengkap



ASUS VivoBook 15 dilengkapi dengan port USB-C 3.2, yang didesain dapat diputar balik dan memudahkan pengguna untuk menghubungkan perangkat semudah mungkin. Dengan port ini juga memberikan kecepatan transfer data hingga 10 x cepat dari koneksi USB 2.0 yang lama.  Konektivitas ASUS VivoBook 15 juga dibekali dengan dukungan port USB 3.2 Gen1 Type-A, port USB 3.2 Gen1 Type-C, 2 port USB 2.0 Type-A, port HDMI 1.4, port jack audio 3,5mm, microSD Card Reader, Wi-Fi 5, dan Bluetooth. Soal Konektivitas laptop , Produk ASUS is the best. 


Produktivitas yang Tinggi dengan Link To MyASUS

Source; ASUS Website Official


Semua teknologi dan innovasi dari ASUS selalu saja membuat saya gregetan pingin punya satu. ASUS VivoBook 15 juga dilengkapi dengan link MyASUS, cara mudah untuk mengakses serangkaian aplikasi ASUS yang original untuk membantu kita dalam memaksimalkan laptop, dan bisa terkoneksi antara handphone dengan laptop kita. Yang ,menariknya dari MyASUS ini, jika ada kesalahan atau kerusakan sistim dari laptop kita bisa di atasi oleh enginernya dari jauh lewat aplikasi My ASUS. untuk tahu lebih lanjut tentang MyASUS bisa langsung ke https://www.asus.com/support/faq/1041686



PC yang Lengkap Akan sangat Berarti Untuk Saya (dan Kamu) 




ASUS VivoBook 15 juga sudah dilengkapi dengan Microsoft Office Pre-Installed (original) sehingga kita tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk  membeli sofware yang original atau menginstal yang bajakan.  


Udah gak zaman lagi, laptop premium namun sofwarenya bajakan. 


Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2019. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda. Semua sudah tersedia di laptop ASUS VivoBook 15



Harga Varian ASUS VivoBook 15 inch

Rp 5.299.000
(Windows 10 Home/Intel® Celeron® N4020 Processor/4G/256G PCIE+housing/HD/Office Pre-installed)

Rp 5.399.000
(Windows 10 Home/Intel® Celeron® N4020 Processor/4G/256G PCIE+housing/FHD/Office Pre-installed)

Rp 7.599.000
(Windows 10 Home/Intel® Core™ i3-1005G1 Processor/4G/1TB+256G PCIE/HD/Office Pre-installed)
Rp 7.899.000
(Windows 10 Home/Intel® Core™ i3-1005G1 Processor/4G/1TB+256G PCIE/FHD/Office Pre-installed)

Rp 7.799.000
(Windows 10 Home/Intel® Core™ i3-1005G1 Processor/MX330/4G/256G PCIE+housing/FHD/Office Pre-installed)
Rp 8.199.000
(Windows 10 Home/Intel® Core™ i3-1005G1 Processor/MX330/4G/512G PCIE+housing/FHD/Office Pre-installed)

Rp 10.999.000
(Windows 10 Home/Intel® Core™ i5-1035G1 Processor/MX330/4G+4G/1TB+256G PCIE/FHD/Office Pre-installed)

Rp 11.099.000

(Windows 10 Home/Intel® Core™ i5-1035G1 Processor/MX330/8G/1TB+256G PCIE/VIPS FHD/Office Pre-installed)


Spesifikasi ASUS VivoBook 15 (A516):

ProsesorIntel Core i5-1035G1  / Intel Core i3-1005G1  / Intel Celeron N4020
OSWindows 10
RAMUp to 8GB DDR4 RAM
Ruang Penyimpanan256GB PCIe® Gen3 x2 SSD
512GB PCIe® Gen3 x2 SSD
1TB HDD + 256GB PCIe® Gen3 x2 SSD
Layar15.6”, FHD (1920 x 1080) 16:9, Anti-glare
15.6”, HD (1366 x 768) 16:9, Anti-glare
GPUNVIDIA GeForce MX330 (optional)
Intel UHD Graphics
Input/Output
1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C, 2x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader
KameraVGA Web Camera
KonektivitasWi-Fi 5 (802.11ac), Bluetooth 4.1
Audio
SonicMaster, Audio by ICEpower®, Built-in speaker, Built-in microphone
Baterai37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion
Dimensi36.02 x 23.49 x 1.99 ~ 1.99 cm
Bobot1,8 Kg
warnaTransparent Silver, Slate Grey
Harga
Rp5.299.000 (Celeron N4020/HD/Intel UHD Graphics/4GB/256GB SSD)
Rp5.399.000 (Celeron N4020/FHD/Intel UHD Graphics/4GB/256GB SSD)
Rp7.599.000 (Core i3/HD/Intel UHD Graphics/4GB/256GB SSD + 1TB HDD)
Rp7.899.000 (Core i3/FHD/Intel UHD Graphics/4GB/256GB SSD + 1TB HDD)
Rp7.799.000 (Core i3/FHD/GeForce MX330/4GB/256GB SSD)
Rp8.199.000 (Core i3/FHD/GeForce MX330/4GB/512GB SSD)
Rp10.999.000 (Core i5/FHD/GeForce MX330/4+4GB/256GB SSD + 1TB HDD)
Rp11.099.000 (Core i5/FHD/GeForce MX330/8GB/256GB SSD + 1TB HDD)
Garansi2 tahun garansi global






Jadi  ASUS VivoBook 15 bisa di beli di : 






ASUS Store Website
https://www.asus.com/id/Laptops/For-Home/VivoBook/


Untuk Kota Bengkulu bisa beli di Store ASUS Bengkulu,

 Semangka Raya no 02 Panorama 
Kota Bengkulu
Bengkulu

0821-7872-6745



Sekilas Informasi Why ASUS always recomended for You





ASUS -In Search of Incredible,  ASUS is passionate about technology and driven by innovation. We dream, we dare, and we strive to create an effortless and joyful digital life for everyone. we're always in search of incredible ideas and experiences, and we aspire to deliver the incredible in everything we do. 

Dan tagline ASUS adalah salah satu spirit terbesar saya untuk tetap bertahan menjadi seorang blogger, bekarya di dunia digital . 

Selain Brand Notebook no 1 di Indonesia, ASUS adalah Brand MotherBoard no 1 di dunia, sejak tahun 1989, 1 dari 3 komputer yang terjual di dunia menggunakan motherboard ASUS.

ASUS No 1 dalam kualitas dan pelayanannya, ASUS menjaga kesempurnaan dalam setiap produk dan secara konsisten memenangkan berbagai penghargaan kualitas maupun inovasi. Hal ini terbukti dengan diberikannya penghargaan sebagai perusahaan yang memiliki kualitas dan pelayanan yang terbaik oleh Wall Street Journal Asia.  ASUS mempunyai 28 Service Center dan banyak ASUS Service Parter yang tersebar di Indonesia untuk memberikan pelayanan yang berkualitas.

ASUS menerima 4.390 penghargaan di tahun 2019 yang diberikan oleh organisasi teknologi terpandang dan media IT dunia sebagai bukti dari komitmen terhadap inovasi, desain, dan kualitas.   


ASUS terus menjadi industri yang terdepan dalam menghasilkan teknologi yang ramah lingkungan, dan merupakan yang pertama di dunia meraih sertifikat EU Flower Eco untuk komputer desktop dan Sertifikat EuP untuk notebook.


Yang paling menarik buat saya, ASUS itu mempunyai banyak Teknologi Ekslusif ASUS yang diciptakan untuk meningkatkan kemampuan laptop ASUS (dan hanya ada di ASUS), seperti laptop ASUS VivoBook 15 inch, menggunakan teknologi NanoEdge Display, Bezel yang tipis, pengaman internal yang berlapis, dan Fast Charging  membuat laptop ini serba bisa, memiliki layar yang besar namun portable dan mudah membawanya. 

Ini  saya lampirkan video youtube tentang review ASUS VivoBook 15 yang buat saya gemes banget pingin punya satu. Selamat menonton teman-teman, selamat membeli ASUS VivoBook 15 ya. 


 


Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS - 15 inch Modern PC, Bigger Dream, Wider Screen Writing  Competition bersama dewirieka.com.


------------------------------------------------------------------------------------------------------------


https://www.asus.com/id/Laptops/For-Home/Everyday-use/A516/

https://www.dewirieka.com/2021/06/asus-bigger-dream-blog-writing-competition.html

https://techcyn.com/sponsored/5-reasons-why-asus-laptop-a416-a516-is-recommended-for-productivity/

https://www.facebook.com/ASUSIdOfficial/posts/10158906997302324

Majalah ASUS Product Guide January-April 2021

https://www.youtube.com/watch?v=8waTaDFYS1k