Your Gateway To The World

Tips Hemat Di Musim Carona



Tahun 2020 akan diingat menjadi tahun Carona Covid-19 pandemic. Carona Covid-19 adalah sejenis virus, yang meburut WHO bersifat virus zoonoosis, (ditularkan dari hewan ke manusia). Pada manusia,virus Carona akan menyerang pernafasan manusia yang bisa berakibat fatal, kematian. Ada 6 wabah penyakit dan virus yang bisa menyebabkan kematian.  (https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4173987/cerita-akhir-pekan-6-wabah-penyakit-dan-virus-yang-pernah-mengguncang-dunia-pariwisata#). Ada Virus SARS tahun 2002, MERS tahun 2012, dan Sekarang Corona Covid -19 yang imbas nya terasa sekali kepada saya dan keluarga. 


Maret 2020, pemerintah Indonesia memperlakukan untuk Physical Distancing (jaga jarak), pakai masker, cuci tangan, dan lebih baik #dirumahsaja. Sekolah pun baik negeri dan swasta diseluruh Indonesia mewajibkan siswanya untuk  belajar dirumah. Pemutusan tenaga kerjapun tidak bisa di hindari karena beberapa usaha  kena imbasnya. Dan sampai bulan ramadhan pun,kita terpaksa ibadah di rumah. Virus Carona Covid -19 benar-benar tentara Allah yang luar biasa, kalau keponakan saya bilang Carona seperti cabe rawit tapi jenis petir...ngenes dah. Buat kita, yang biasa di rumah, dengan adanya Covid-19 membuat kita harus bisa puter otak dalam mengatur keuangan agar tidak bablas dan stress sendiri.

beberapa tips hemat yang biasa kami lakukan dirumah agar bisa tetap struggle :

1. Beli Persedian Kebutuhan Rumah di warung tetangga atau toko grosir dekat rumah.

Covid-19 membuat kita untuk physcal distancing, malah ada beberapa negara menerapkan lockdown. Di sini, di minta untuk tetap di rumah dan jaga jarak, namun tetap saja kita butuh untukbeli persedian dapur dan rumah, nah beli lah di warung dekat rumah atau toko grosir dekat rumah. Selain harganya standar, kita pun bisa menolong saudara kita, dan tidak jauh-jauh dari rumah. Kalaupun tidak ada, bisa pesan lewat ojek online.

2. Hemat Penggunaan Listrik dan Air

Batasi penggunaan air dan listrik, mandi cukup satu kali saja (biar bs hemat air, sabun dan shampo) namun  kalau dari luar atau dari bepergian, wajib mandi ya biar virus nya tidak masuk ke rumah. Lampu kalau tidak di pakai, lebih baik di matikan saja, biar listriknya hemat, yang sekarang diam-diam listrik naik... 


3. Belajar Masak Cemilan dan Makanan lainnya yang hemat dalam penggunaan bahan masakan

Buat yang bisa masak kue atau cake ...alhamdullilah,lah yang selama ini selalu beli, mesti belajar buat cemilan untuk keluarga tercinta. Saya dan adik ipar saya pun terpaksa belajar masak cemilan dari youtube,sampai saya pun bisa buat Cakue dan roti , adik ipar saya ahli dalam buat donut dan cake. Itu lebih hemat, modal kurang dari 20rb, bisa dapat banyak, anak-anak tetap bahagia. Awalnya memang sering gagal (dan hasilnya dijadikan pakan ayam ) alhamdullilah lama-lama berhasil juga. 


4. Tanam dan Pelihara

Tanam sayuran dan buah-buah an yang bisa cepat tumbuh, (banyak kok ada sawi, ada ubi jalar, ada tomat, daun katuk dan banyak sayuran lainnya). Biasakan menanam sayuran dan buah dari bibit sendiri, ga mesti beli,lah apa yang kita makan, tanam lagi. Selain itu, pelihara sepasang  ayam sehingga telurnya bisa buat kita, dan nanti bisa makan ayam tampa harus beli mahal. Alhamdulillah, sejak pelihara ayam, kami tidak lagi mubazir makanan, makanan bersisa? tinggal kasih ayam.


5. Perbanyak kegiatan mendekatkan diri kepada Sang pencipta

Musim wabah begini, perbanyak ibadah untuk mendekatkan diri kepada Sang pencipta, karena saya muslim, maka perbanyak mendekatkan diri kepada ALLAH SWT. Ibadah utama di bagusin,kalau bisa tepat waktu, hafalan dan tadarus Al-quran pun di tingkatkan, amalan sunah juga di lakukan. Saat begini, hanya ALLAH SWT yang bisa menjadi pegangan hidup agar tetap kuat, bahagia dan struggle. Di setiap kesulitan selalu ada kemudahan, dan ALLAH SWT sudah janji, semuapermasalahan di muka bumi ini,selalu satu paket dengan solusinya. (buat agama lain,maaf ya,karena ini memang sesuai dengan kepeercayaan saya)



6. Tetap cantik walaupun #dirumahsaja

Nah, saya mau memperkenalkan satu Lip Cream Matte yang cantik dan ringan di pakai saat di rumah atau saat lebaran nanti. Baunya harum, bibir jadi lembab,ringan,  tahan lama, dan halal. Kalau di rumah, biasanya saya hanya pakai pelembab (ituuuuupunnn kalau ingat) dan pembersih muka. nah sekarang saya tambah dengan Lip Cream Matte AMANIE  "RASHIQA" dan itupun cocok buat bibir saya yang cantik ini...haha....lip cream nya the best dah. ( bentar ya..saya akan bahas Lip Cream Matte ini ) dan serius ..ini parcel terkeren yang pernah saya dapat.thank you. Tetap#dirumahsaja, sehat dan bahagia selalu










Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Comments

3-comments

SUBSCRIBE-Subscribe for Free!

Tips Hemat Di Musim Carona

Cari Blog Ini

Portfolio

SEARCH

Popular

Recent Posts

Pages