CHATIME, Good Tea Good Time, dan Cara Ordernya

 Assalammualaikum dear friends,


'Indonesia Menang!

Thanks Gressia/Apriani for Mendali Emas Olimpiade Tokyo 2020

Kado terbaik untuk Indonesia'

Dewi Sudirman 











Awal bulan Juli 2021 akhirnya Chatime buka gerai juga di Bengkulu, dan saya bahagia banget, akhirnya bisa merasakan Chatime lagi, ga perlu lagi nunggu saat mudik ke Bandung atau saat jalan-jalan ke kota lain. Tanggal 4 juli kemarin, pas jadwal saya ke dokter gigi buat lanjutin perawatan syaraf gigi belakang, lanjut ke salah satu dari dua mall yang ada di Bengkulu, hanya untuk beli Chatime. Niat banget khan, ditengah carona, maksa diri buat beli Chatime, walaupun harus pakai double masker dan jaga prokes, no problemo! 


Sampai di mall Bengkulu, shock juga melihat antrian yang mau beli Chatime, ramai namun tetap kita jaga prokes, jaga jarak dan pakai masker. Saya pikir antriannya ga bakal lama seperti di daerah lain, dan ternyata lama juga, 1,5 jam saya ngantri hanya untuk beli 3 Chatime....crazy, dan itu karena  hampir semua yang beli saat itu, baru pertama kali membeli Chatime, bingung dan banyak tanyalah mereka sehingga itu yang membuat lama proses antrian. wajar, namun saat pandemi begini ya lebih baik cari dulu di Internet, untuk memnimalis interaksi dengan yang lain.  


Ada beberapa konsumen yang belinya hanya dua buah namun memakan 10-20 menit di depan bagian order, belum lagi untuk membayarnya dan itu buat saya gregetan. Rasanya mau nolongin dah biar cepat prosesnya. Maaf ya kakak-kakak, suggest kalau mencoba beli di sesuatu toko yang belum pernah kita beli, lebih enak browsing dulu atau cari review Chatime yang enak di internet sebelum membeli, biar ga banyak tanya di sana dan menghindari salah beli. 



Saya kenal chatime dari tahun 2012, saat pertama kali chatime masuk k kota Bandung, ga sengaja sih lihat ada keramaian salah satu gerai yang ada logo daun teh, apalagi kalau bukan Chatime, kepo dong, trus  nunggu agak sedikit sepi (walaupun ga ada sepi-sepinya itu gerai Chatime di Istana Plaza Bandung) baru saya beli, baru saya banyak tanya karena saya tahu di belakang saya tidak ada atrian yang panjang.


Awal beli Chatime saya pun banyak tanya, terutama mana yang the best drink, yang paling banyak di pesan, biasanya di menu  ada tanda 'signature' berarti itu paling banyak di pesan atau di beli. Seiring waktu mencoba beberapa varian menu nya, dana da menu favorite saya yang dari tahun 2012 sampai sekarang masih sama rasanya.




Sebelum saya share bagaimana memesan Chatime, yuk kenalan dengan Chatime 




Sekilas Informasi Tentang  Chatime Indonesia


Menurut webiste Chatime :

Chatime merupakan penyedia minuman brewed (campuran ) asal Taiwan yang menghadirkan lebih 50 varian rasa. Di Indonesia, Chatime merupakan salah satu bisnis unit di bawah payung Kawan Lama Group yang telah hadir sejak tahun 2011.

Chatime Indonesia hadir dengan enam kategori minuman yang dapat dinikmati oleh segala usia. Terdiri dari:
Signature Milk Tea (menu minuman milk tea favorit)
Tea Presso (menu spesial ice blended)
Smoothies (menu spesial ice blended)
TeaRRIFIC (menu minumam teh hijau dan hitam yang penuh rasa)
Coffe and Latte (menu minuman brewed coffee segar ) 
Mood Refresh (menu minuman sehat dan menyegarkan)

Dalam proses penyajian minuman, Chatime menggunakan daun teh pilihan yang diolah menggunakan brewing machine terbaru. Mengadopsi konsep penyajian customized drink, pelanggan Chatime dapat menentukan sendiri jenis topping dan takaran gula, serta es yang diinginkan. Chatime juga selalu berinovasi dengan menghadirkan menu terbaru.

Adapun sajian minuman Chatime juga bisa di nikmati dengan tambahan ragam pilihan toppping, meliputi Pearl, Pudding, Grass Jelly, Rainbow Jelly, Red Bean, Aloe Vera, Coconut Jelly, Coffee Jelly, dan Mousse



Ada lebih 100 gerai Chatime di Indonesia, khusus pulau Sumatera ada 39 gerai, termasuk dua gerai baru di kota Bengkulu.  Gerai Chatime ada di Padang, Pekanbaru, Medan, Palembang, Lampung, Jambi dan finally ada juga di Bengkulu. (thank you Chatime, you know I miss drink Chatime)


7 Alasan kenapa why Chatime for me : 


1. Chatime adalah salah satu minuman favorite saya kalau ke Istana Plaza Mall atau beberpa mall di kota besar. Minuman yang ingin saya bawa pulang kalau habis window shopping di mall ya Chatime. 


2. Chatime adalah minuman brewing teh yang menurut saya menyegarkan, dan bisa tahan lama dalam temperature kulkas. Saya kalau beli Chatime paling lama  tahan 2 hari di kulkas, paling cepat 2 jam sampai rumah habis dah...soalnya segar dan fresh Chatime


3. Chatime diproduksi dengan bahan yang berkualitas tinggi, tampa bahan pengawet. 


4. Chatime mengadopsi konsep " Customized Drink" dimana konsumen bebas menantukan kadar gula, batu es dan ukuran size gelas. Kalau untuk minum di tempat, saya suka less sugar but many ices, namun kalau untuk di bawa ke rumah, normal sugar and no ice, karena nanti di rumah ada es batu.


5. Selain customized drink, Chatime juga punya banyak toping, dan itu selalu ready (kalau ke Istana Plaza Mall Bandung), favorite saya coconut jelly, alias Nata De Coco.


6. Harganya standar namun enak dan pas di kantong. Beli satu yang ukuran biasa bisa diminum untuk berdua..puas dan hemat. Apalagi Chatime selalu ada promo...bahagia banget dah


7. Chatime selalu ada varian teh yang baru, dan itu menyegarkan dan taste nya itu unik namun buat segar. Pas banget dilidah kita yang orang Indonesia ini. Selain itu, Chatime juga fokus dengan suistanable living, dimana Chatime juga fokus dengan gaya hidup ramah lingkungan.



Cara memesan Chatime di gerai Chatime


1. ikuti prokes kesehatan (karena masih dalam  pandemi  covid-19 ) kalau antrian jaga jarak, pakai double masker, dan sering cuci tangan. Lebih baik pergi beli saat badan fit.


2. Tertib, ikuti aturan antrian yang ada, sambil nunggu browsing mau menu yang mana di website Chatime, mempersingkat interaksi dengan orang. 


3. saat di bagian order, pesanlah yang seperti kita mau saat lihat menu di website, usahakan membayar dengan E-money atau cash namun usahakan uangnya pas, tetap karena pandemi, mari mengurangi interaksi terlalu lama dengan orang lain. 


4. Saat pandemi begini, bagusnya bawa pulang ya, saran saja kalau mau di bawa pulang, bagusnya minta normal sugar no ice, atau normal sugar many ice agar saat di rumah kesegaran dan rasa Chatime tak berubah


5. Buat teman-teman yang tidak suka gula atau ada penyakit diabetes,  boleh minta no sugar, saya pernah pesan no sugar dan itu seperti minum teh hijau namun ada rasa buah, karena waktu itu saya pesan minuman favorite saya. 


6.Bayar sesuai pesanan, dan tinggal nunggu namanya di panggil untuk pick up Chatime. stttt, kadang adik saya suka tambahin namanya dia dngan kata cantik, imute dan baik banget. Bayangkan nama itu di teriakkin saat Chatime sdh siap di ambil. Dilihatin sejuta mata, dia bilang gue kayak artis. bahagia dah kalau beli Chatime.


7. Beberapa arti dari menu Chatime

signature : secara global banyak yang suka dengan rasanya.

recomended : yang direkomendasikan, biasanya di Chatime dikasih tanda daun teh

hot drink (tandanya gambar api, jd bisa pesan yang panas ) seprti skr di Chatime ada juga brewing kopi, dan itu langsung dari biji kopi yang telah di roasting. keren 

cool drink (tandanya bentuk es) bisa ditambah batu es, jadi kalau dalam satu menu ada tanda api dan es, berarti menu itu bisa dipesan pakai hot atau bisa juga dipesan dingin. 

Ice : batu es 

none : tampa es batu sedikit pun 

less : sedikit

normal ; es batunya normal sesuai takaran menu nya

extra : es batunya dilebihkan


Sugar ; Gula

none : tampa gula sama sekali

slight : sedikit

half : gulanya sesuai takaran menu




Contoh memesan Chatime saat di gerai chatime


Saya suka Taiwan Mango Juice, rasanya segar dan fresh karena perbaduan teh dengan mangga , ketika di bagian order, saya bilang

Taiwan manggo juice dengan cup reguler, less sugar, extra ice, toppingnya coconut jelly. take away. atas nama dewi cantik dan baik banget

(artinya : saya pesan taiwan manggo juice, ukuran gelasnya biasa saja, sedikit gula, banyakin esnya, topingnya nata de coco dan di bawa pulang) 

bayar, trus tunggu nanti team pick up memanggil nama yang sesuai dengan tulisan di gelas , dan mrk akan memastikan lagi nama kita dan pesanan kita. semua itu prosesnya hanya 10 menit, jadi ga lama ngantri.


Kalau ingin coba yang baru kayak saya kemarin, ya sambil ngantri, cek dulu di mbah google, "review pop can lychee rose", kombinasi teh ada rasa lychee dan aroma bunga mawar...fine, saya sangat suka itu! dan ternyata enakkkkkk




selain ke gerai, teman-teman juga bisa pesan lewat aplikasi Chatime atau onjek online, lebih simple dan lebih detail info di aplikasi Chatime. sayang, saat saya beli di awal juli kemarin, aplikasi Chatime belum bisa digunakan di Bengkulu.



NB; artikel ini di buat sambil nunggu nonton pertandingan final ganda putri olimpiade Tokyo 2020, dan telat bro, tahu-tahu sdh ramai pada ngucapin selamat. Terharu karena mereka  memang luar Biasa dari awal sampai final. mental mereka keren habis. Arigatou GreysAp.



2 komentar:

  1. Brown milk tea juga enak kak

    BalasHapus
  2. ke bandung lah lu kak, banyak yang enak-enak. betah amat lu di sana

    BalasHapus