Lifestyle & Sustainability

Tips Menghadapi Anak Balita yang lagi Kena Cacar Air

Musim pancaroba, musim yang banyak penyakit bertebaran termasuk cacar air, penyakit yang mudah menular. 3 Minggu yang lalu, kakak Azizah, kepoqnqkan saya yang pertama tertular cacar air dari teman-teman di kelas nya. Hampir setengah anak kena cacar air.

Awalnya kakak mengeluh pegal-pegal dan badannya agak panas, selang dua hari , lihat di punggungnya ada tumbuh bentolan cair seperti cacar air. Langsung tanya guru kakak, dan ternyata teman sebangku nya kena cacar air, dan ketahuannya pas di sekolah, bentol-bentolnya sudah banyak.  Ya sudahlah, kakak pun kena. Temannya sehat, kakak kena cacar, dan beberapa teman kakak pun juga kena.
Alhamdulillah, cacar kakak tahu lebih awal, sehingga saat bentol pertama langsung di kasih salep dan besoknya langsung ke dokter.

Tips 1. Kalau anak kena cacar air, jangan kasih minum air kelapa dan makan kecap karena akan keluar banyak, sehingga nanti cacarnya gatal dan di garuk-garuk. Ntar malah lama penyembuhannya.

Kakak Azizah karena sudah usia 6 tahun, jadi sudah bisa di kasih tahu, kalau gatal jangan di garuk, tapi cepat2 minta salep sehingga gatalnya hilang dan cacarnya tidak menyebar. Alhamdulillah hanya libur dua hari, kasian kalau lama-lama ntar hafalan suratnya banyak ketinggalan.


Tips ke 2. Jangan beri anak kecap, dan beri makanan bubur dan kaldu ayam kampung atau daging serta  minum air putih yang banyak.

Itu dua tips buat anak-anak  usia 6 tahun ke atas yang kena cacar air, bagaimana kalau usia 3 tahun ke bawah kena cacar air?

Karena kakak nya kena cacar, jadi   adiknya yang nomor dua, Allysa, yang nanti di akhir tahun pas 3 tahun pun ketularan. Ini nih yang buat kita panik serumah, kalau yang nomor dua sakit, susah, berbeda dengan kakaknya.

Allysa, saat sehat, paling susah makan, paling susah minum vitamin, dan paling susah di ajak diskusi. Maklum baru usia 3 tahun, masa-masa  dalam perkembangan, maunya suka-suka.

Ciri-cirinya nya pun sama dengan kakaknya, awalnya Allysa bilang lututnya sakit alias pegal-pegal. Badannya pun mulai panas, pas di bundanya ganti Pambers, ternyata di pantatnya banyak tumbuh cacar air. Dipastikan Allysa ketularan kakak nya . Alhamdulillah masih ada salep dan tempra kakaknya, penangana pertama pun bisa di atasi, besok pagi nya bisa ke dokter.

http://www.rumbengks.com/2019/10/tips-menghadapi-anak-balita-yang-lagi.html?m=1
Hari ke dua kena cacar air


Umur anak 3 tahun yang super aktif, dikasih salep aja berontaknya luar biasa, apalagi minum obat. So ada 5 tips saya, Tante yang luar biasa ini, ketika menghadapi keponakan usia 3 tahun sakit cacar air

Tips 1. Harus ikutan Kreatif

Anak usia 3 tahun usia dimana lagi senang bermain, kreatif dan ke-aku- an pun lagi mulai berkembang, jadi kita pun harus ikuta kreatif.
Ketika dia berontak bertemu dokter, ajak bermain terlebih dahulu, bawa mainan kesayangannya ke tempat dokter, diajak bahagia dulu.  Allysa suka lihat ikan, dan lagi senang mem-beo . Di tempat praktek dokter ada lukisan ikan Koi besar banget, ketika kita mau ke ruang tunggu, saya bilang di sana ada gambar ikan besar banget, lihat yuk.  Saat di ruang tunggu, Allysa senang, senang memperhatikan ikan koi.  Pas giliran masuk, kita juga bilang ayoo kita sapa ibu dokter.

Awalnya senang masuk ke ruang praktek, eh pas di periksa langsung nangis dan berontak. Untung dokternya sudah terbiasa, jadi ga grogian liat Allysa ngamuk. Selesai di periksa, sudah ga nangis lagi dan pas pulang Allysa bilang " makasih dokter"

Ok masalah pertama selesai, masalah ke dua adalah minum obat sehari 3 kali, mana obatnya racikan dan pahit. Minum vitamin yang manis saja Allysa susah, apalagi yang pahit, semakin susah. Nah di sini juga butuh kreatifan kita dan butuh bantuan keluarga lainnya untuk minum obat.

Allysa tahu minum obat pahit, sehingga butuh bantuan keluarga lainnya agar dia bisa minum obat. Kakak nya yang pertama kalau minum obat, tingga hal, adiknya Allysa juga gitu. Nah kalau Allysa, mesti di gendong dan dipegang kedua tangannya agar bisa minum obat. Kadang, harus diajak becanda dulu, digelitikan dulu sehingga mulutnya bisa terbuka lebar dan hap obatnya masuk.

Termasuk untuk makan, nah Allysa susah makan, maunya minum susu formula. Akhirnya Kasih makan kesukaannya, dan buat menu yang ringan-ringan seperti sup ayam kampung, dan kentang goreng ala KFC. Intinya untuk tipikal anak seperti allysa, harus kreatif dan innovatif agar bisa sembuh maksimal.

Tips 2, Jaga kebersihan Tubuh Anak

Cacar air, kalau lagi mulai nampak suka gatal dan meradang. Bagi anak usia 3 tahun, instruksi jangan menggaruk itu tidak berlaku buat mereka, karena saat usia 3 tahun hanya tahu kalau gatal ya di garuk, Alyys pun begitu, sampai dalam semalam semua badannya dari kepala sampai kaki pun penuh dengan cacar air...Masya Allah

Dikasih sarung tangan, ga mempan, sarung tangannya di buka. Ini boleh dilakukan, tapi lebih baik tanya dokter dulu. Kalau kakak kemarin saat cacar air hanya ganti baju dan kasih salep tidak  mandi. Beda dengan Allysa, Allysa mandi air biasa tampa antiseptik, trus salepnya diolesin seperti body lation dan dikasih bedak. Sering-sering melap tangan anak dengan tisu basah.

Itu beberapa tips menghadapi anak yang kena cacar air. Sekedar informasi, cacar air adalah penyakit ringan yang sering terjangkit pada anak-anak. Cacar air disebabkan oleh virus varicella, dan cepat penyebarannya. Bersentuhan dengan cacar air pun bisa ketularan, dikarenakan penularannya sangat mudah, diharapkan anak-anak yang kena cacar air istirahat di rumah agar teman-temannya pun tidak ikut kena. Seperti Kakak Azizah, saat tahu kena cacar, langsung libur sekolah. Eh ternyata temannya sudah banyak yang kena. 


http://www.rumbengks.com/2019/10/tips-menghadapi-anak-balita-yang-lagi.html?m=1
Cacar airnya mengering

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sustainable Living