Minggu, 25 Agustus 2019

Neti Suriana, Pengarang Buku yang Inspiratif dari INHU

Hai..hai..hai Assalamualaikum


Teman-teman Rumbengk, masih ingat saya ikut arisan link mamah-mamah kece?  Nah kali ini, saya mau kenalin seorang gadis dari INHU, Indragiri Hulu, Riau. NetI SURIANA, yang saya panggil Mba Neti. 



Beliau seorang blogger, pengarang buku dan juga Pendamping Sosial PKH di INHU, Riau. Sama dengan episode sebelumnya, Mba Neti juga seorang pengarang buku yang mantdap dah. Kalau kemarin mba Diska dan mba Via  adalah pengarang cerpen (banyak menerbitkan Cerpen) , Mba Neti adalah pengarang buku motivasi islam dan pertanian.


Teman-teman Rumbengk, masih ingatkah dengan buku Inspirasi Islami dengan nama Pena Aura Husna? Ada dua buku dengan nama pena Aura Husna yang diterbitkan oleh Gramedia ;

1. Ketika Merasa Allah Tidak Adil (GPU, 2012)






2. Kaya dengan Bersyukur (GPU, 2013)


Saya jadi teringat dengan buku pertama, Ketika Merasa Allah Tidak Adil, buku yang pernah saya baca di Gramedia Bandung (saat itu lagi bokek tingkat dewa, jadi hanya bisa baca di tempat, saat ingin beli rupanya buku nya sudah habis stock dan terlupakan sama saya) tapi beneran buku itu asyik di baca, bahasanya ringan dan emang motivasi buat diri sendiri kalau Tampa kita sadari suka merasa Allah tidak Adil. Cerita di buku itu mengingatkan kita dengan diri sendiri. Jadi ingat buku yang ingin saya beli namun tak jadi beli, ternyata pengarangnya satu group dengan saya...keren dah.


Selain Inspirasi Islami, mba Neti juga mengarang buku Islam Populer dengan nama Pena sama dengan Nama Asli beliau, Neti Suriana dan Neti S.

1. Doa Penenang Hati (Rumah Ide, 2011) 

2. Sedekah, Hidup Berkah Rezeki Melimpah (Albana Publishing, 2013) 
3. Sunah Harian Rasul ( Ceasar Media Pustaka, 2015)



Mba Neti penggemar karya Asma Nadia dan Andrea Hirata juga menerbitkan buku pertanian loh, sesuai dengan jurusan beliau saat kuliah di UGM dulu, jurusan Fakultas Pertanian.

  • Bawang Bawa Untung, Budidaya Bawang Merah dan Bawang Putih (Cahaya Atma, 2011)
  • Cabe Sehat Berkhasiat (Andi Publishing, 2013).
  • Budidaya Cabai di Lahan Sempit (Infra Pustaka, 2013)
  • Panduan Lengkap dan Praktis Budidaya Cabai Rawit yang Paling Menguntungkan (Garuda Pustaka, 2019)






Selain pengarang buku, anak kedua dari 5 bersaudara juga aktif di dunia Blogger, www.netisuriana.com Postingan beliau yang paling ngena di saya adalah yang share bagaimana mencegah ular masuk rumah. Walaupun rumah saya di tengah kota, namun tetap harus waspada juga dengan binatang yang malata satu itu. Salah satu nya  adalah wangikan rumah. Dan benar, saya jadi rajin bersihkan rumah, jadi rajin ngepel dan semprot wangi-wangian di rumah. Thanks mba Neti, postingan itu berkesan  dah buat saya.



Selain sibuk di dunia literasi, Mba Neti juga aktif sebagai Pendamping Sosial PKH (Program Keluarga harapan). PKH itu salah satu program bantuan sosial bersyarat yg diberikan kepada keluarga miskin yang ditetapkan sebagai penerima manfaat PKH. Pendamping sosial PKH itu ujung tombak pelaksaan program PKH yg ada di lapangan. Mba Neti salah satu Pendamping sosial PKH yang aktifdi INHU. 





Teman-teman Rumbengk, ada satu Hal yang saya pahami dari mba Neti, walaupun Mba Neti tinggal nya di kabupaten yang letaknya di lintas timur Sumatera dimana belum menjadi perlintasan yang ramai, namun mba Neti  bisa bekarya dan kreatif di dunia Literasi, bagaimana dengan  saya yang tinggal nya di ibukota provinsi tapi masih malas-malasan buat menulis. Ah saya jadi malu, mesti banyak belajar dengan Mba Neti. Kalau ingin kenalan lebih lanjut, kepo tentang mba Neti, bisa berkunjung ke account beliau (ingat...Like and follow)


Instagram : https://www.instagram.com/neti.suriana/
Facebook : https://www.facebook.com/neti.suriana
Blog  :  https://www.netisuriana.com



0 komentar:

Posting Komentar